4 Manfaat kentang untuk kesehatan tubuh Anda

Kamis, 12 November 2020 | 08:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat kentang untuk kesehatan tubuh Anda

ILUSTRASI. Manfaat kentang bisa Anda dapat saat Anda mengonsumsinya secara rutin. ANTARA FOTO/Aji Styawan/ama.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang suka kentang? Salah satu jenis sayuran ini mengandung banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh, lo. Manfaat kentang berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti lemak, protein, karbohidrat, dan lain-lain. Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan tubuh Anda.

Mengandung Antioksidan

Ada banyak jenis antioksidan yang terdapat dalam kentang. Mulai dari flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. Antioksidan bertugas untuk melawan serangan radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, atau penyakit jantung.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), kentang berwarna ungu mengandung antioksidan empat kali lebih banyak dari kentang biasa. Artinya, kentang berwarna dinilai lebih efektif melawan radikal bebas yang menyerang tubuh.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat kentang lainnya adalah bisa dimanfaatkan untuk mengontrol gula darah. Dalam kentang terdapat zat tepung khusus yang bernama resistant starch. Jenis zat tepung itu berguna untuk bakteri-bakteri yang ada di usus besar.

Baca Juga: Rekomendasi makanan protein untuk diet

Selain berguna untuk bakteri dalam usus, resistant starch juga bermanfaat untuk mengurangi resistansi insulin. Artinya, gula darah menjadi lebih terkontrol. Anda bisa meningkatkan jumlah resistant starch pada kentang dengan cara menyimpan kentang kukus di kulkas selama semalaman.

Menjaga Sistem Pencernaan

Selain berguna untuk mengontrol darah, resistant starch dari kentang juga bisa dipakai untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Saat masuk ke sistem pecernaan, resistant starch akan diubah menjadi asam lemak rantai pendek bernama butirat yang berguna untuk menjaga kesehatan Anda.

Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, kentang bisa Anda masukkan dalam menu diet sehat sehari-hari. Pada sebuah penelitian yang melibatkan 11 orang, kentang dipilih jadi makanan yang paling mengenyangkan.

Baca Juga: Yuk simak cara memasak sayur agar gizinya tidak hilang

Saat Anda merasa kenyang, keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan atau jenis makanan lain akan berkurang. Hasilnya, berat badan Anda bisa turun. Manfaat kentang itu masih bisa Anda maksimalkan dengan menerapkan pola hidup sehat lainnya.

Anda bisa mengolah kentang menjadi berbagai macam jenis hidangan. Mulai dari merebus, memanggang, atau mengukus kentan. Healthline menyarankan agar Anda tak membuang kulit kentang agar nutrisi kentang bisa masuk ke tubuh Anda secara maksimal.

Selanjutnya: Manfaat masker kentang beserta cara membuatnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru