Kesehatan Umum

4 Manfaat kayu manis, salah satunya bisa menghilangkan jerawat

Sabtu, 19 September 2020 | 14:15 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Manfaat kayu manis, salah satunya bisa menghilangkan jerawat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya beraroma sedap dan cocok digunakan di banyak masakan, manfaat kayu manis juga berdampak pada kesehatan. Jenis rempah ini terkenal sebagai obat diabetes alami. Kayu manis bisa mengurangi tekanan darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Beberapa kandungan dalam kayu manis mampu meniru efek insulin sehingga gula darah lebih teratur. Selain menjadi obat diabetes alami, manfaat kayu manis juga digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Mengutip dari Best Health Magazine, kayu manis dapat menurunkan lemak jahat atau LDL dan meningkatkankan HDL. Cinnamate dalam kayu manis juga mampu mengurangi aktivitas pembentukan kolesterol dalam tubuh.

Tak hanya manfaat kayu manis di atas, Best Health Magazine juga menyebutkan dampak kayu manis lainnya bagi kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Minum air seduhan kayu manis bisa mengobati asam urat, benarkah?

Menghilangkan Jerawat

Manfaat kayu manis juga terasa pada kesehatan kulit, lo. Kayu manis dapat menghilangkan jerawat yang disebabkan karena bakteri. Caranya, buatlah masker yang terbuat dari madu (3 sdm) dan tumbukan kayu manis (1 sdm).

Aduk campuran itu sampai berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada wajah. Diamkan masker selama 10 menit, lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

Mengurangi Peradangan

Selain membuat aroma dan rasa yang lezat, cinnamaldehyde dalam kayu manis juga bermanfaat untuk mengurangi bengkak dan mencegah penggumpalan darah.

Tak hanya berperan sebagai antiinflammatory, manfaat kayu manis lainnya adalah mencegah zat tertentu yang berhubungan dengan pertumbuhan sel abnormal dan menurunkan resiko penyakit.

Baca Juga: Minum air rebusan kayu manis bisa mengobati maag, benarkah?

Menyegarkan Napas

Manfaat kayu manis lainnya yang disebutkan Best Health Magazine adalah menyegarkan napas seseorang. Cinnamaldehyde berfungsi untuk membunuh bakteri mulut. Untuk mendapat manfaat kayu manis ini, kunyahlah permen kayu manis.

Selain itu, Anda menyegarkan napas juga bisa didapat dengan membuat obat kumur sendiri. Campurkan lima batang kayu manis dalam segelas air, lalu rebus hingga mendidih. Gunakan air rebusan itu sebagai obat kumur.

Berperan Sebagai Antioksidan

Antioksidan berperan penting dalam tubuh untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan berbagai jenis penyakit. Best Health Magazine mengatakan bahwa kayu manis bisa dimanfaatkan untuk itu. Bahkan, kemampuannya lebih baik dibandingkan superfood lainnya.

Selanjutnya: Air seduhan kayu manis jadi obat herbal diabates melitus, benarkah?

Editor: Belladina Biananda


Terbaru