Kesehatan Umum

4 Manfaat ginseng yang bisa Anda dapatkan

Senin, 04 Januari 2021 | 12:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat ginseng yang bisa Anda dapatkan

ILUSTRASI. Salah satu manfaat ginseng adalah mengurangi kelelahan yang sedang Anda rasakan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ginseng adalah salah satu bahan alami yang sering dipakai sebagai obat tradisional. Tiap varian ginseng memiliki senyawa yang berbeda-beda. Meski demikian, manfaat ginseng tetap bisa terasa pada tubuh jika Anda mengonsumsinya secara rutin.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa ada dua senyawa penting yang terkandung dalam ginseng, yaitu ginsenoside dan gintonin. Kedua senyawa itu membuat tanaman ginseng berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Ginsenoside berguna untuk mencegah peradangan dalam tubuh dan meningkatkan kapasitas antioksidan dalam sel. Artinya, stres oksidatif yang menyebabkan berbagai penyakit bisa Anda hindari dengan baik.

Tak berhenti sampai di situ, masih banyak kegunaan ginseng yang bermanfaat untuk tubuh. Mulai dari meningkatkan fungsi otak, sistem imun tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengatasi kelelahan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini cara mudah menjaga kesehatan otak tanpa mengkonsumsi suplemen

Meningkatkan Fungsi Otak

Sebuah penelitian yang melibatkan 30 partisipan menunjukkan bahwa ginseng mampu meningkatkan fungsi otak seseorang. Para partisipan mengonsumsi 200 mg ginseng selama empat minggu. Hasilnya, kesehatan mental dan mood atau perasaan mereka menjadi lebih baik.

Hal itu disebabkan karena kandungan ginseng membantu sel untuk menyerap gula darah secara lebih baik sehingga kelelahan mental bisa berkurang. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal tersebut.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat ginseng selanjutnya berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Mengutip dari Healthline, orang-orang yang mengonsumsi ginseng memiliki kesempatan bebas penyakit hingga 35% selama lima tahun setelah operasi.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Salah satu manfaat ginseng adalah mencegah pertumbuhan sel kanker.

Mencegah pertumbuhan sel kanker adalah khasiat ginseng selanjutnya yang bisa Anda dapatkan. Seperti yang telah dikatakan, ginsenoside yang terdapat dalam ginseng mampu mengurangi inflamasi dan meningkatkan jumlah antioksidan dalam sel.

Kandungan tersebut juga mampu mencegah produksi dan pertumbuhan sel abnormal yang memiliki kemungkinan menjadi penyebab kanker. Review dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi ginseng memiliki risiko kanker lebih rendah sebanyak 16%.

Baca Juga: 10 Manfaat bengkuang untuk kesehatan dan kecantikan tubuh Anda

Mengatasi Kelelahan

Ginseng bisa Anda gunakan untuk mengatasi kelelahan dan menambah energi Anda, lo. Manfaat ginseng tersebut dibuktikan melalui berbagai macam penelitian. Salah satunya adalah penelitian yang melibatkan 364 penderita kanker yang mengalami kelelahan.

Setelah mengonsumsi 2.000 mg ginseng secara rutin dalam delapan minggu, kelelahan yang mereka alami berkurang. Tak hanya itu, review dari 155 penelitian menunjukkan bahwa suplemen ginseng bisa meningkatkan aktivitas fisik seseorang.

Selanjutnya: Bisa menurunkan kolesterol dan berat badan, ini ​9 manfaat kimchi bagi kesehatan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru