kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat daun seledri, bisa menurunkan berat badan, lo


Senin, 18 Januari 2021 / 08:44 WIB
4 Manfaat daun seledri, bisa menurunkan berat badan, lo
ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat daun seledri jika mengonsumsinya secara rutin.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat daun seledri yang berguna untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Mulai dari menurunkan kolesterol dan tekanan darah, mengurangi berat badan, dan lain sebagainya.

Hal itu disebabkan oleh banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam daun seledri. Mengutip dari Organic Facts (organicfacts.net), Anda bisa mendapat 5.6 kalori dan 1.2 g karbo dalam 40 g daun seledri. Tak berhenti sampai di situ, terdapat 38.2 g air dalam daun seledri. Jadi, bahan alami tersebut cocok untuk mencegah dehidrasi.

Anda pun bisa mendapat nutrisi penting lain, seperti vitamin K, kalsium, kalium, zat besi, zinc, magnesium, vitamin A, asam folat, dan lain-lain. Dengan mengonsumsi daun seledri secara rutin, berbagai macam manfaat bisa terasa pada tubuh Anda.

Menurunkan Kolesterol

Seperti yang telah dikatakan, mengonsumsi daun seledri secara rutin dapat menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Phthalides yang ada dalam daun seledri mampu mengurangi jumlah cairan empedu sehingga kolesterol berkurang.

Baca Juga: Ini resep 5 Infused water yang efektif menurunkan darah tinggi

Saat jumlah kolesterol berkurang, plak yang mengganggu aliran darah di arteri pun ikut berkurang. Dengan begitu, kesehatan jantung Anda menjadi terjaga. Efek tersebut semakin dimaksimalkan dengan adanya serat karena mampu mengeluarkan kolesterol lebih banyak saat buang air besar.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain menurunkan kolesterol, phthalides juga mampu menurunkan stres hormon dalam darah. Senyawa kimia organik tersebut juga mampu mengendurkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

Kandungan lain yang mampu menjalankan fungsi serupa adalah kalium. Saat tekanan darah turun dan lebih normal, sistem kardiovaskular menjadi lebih baik sehingga berbagai macam penyakit pun bisa Anda hindari.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Salah satu manfaat daun seledri adalah meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat daun seledri selanjutnya yang disebutkan oleh Organic Facts adalah mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal itu disebabkan karena berbagai macam oksidan, vitamin C, dan vitamin A yang ada dalam daun seledri.

Baca Juga: Minum air rebusan akar seledri efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi

Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi daun seledri secara rutin. Dalam segelas daun seledri, Anda hanya mendapat 14 kalori. 1.5 g serat yang terkandung di dalamnya juga mampu melancarkan metabolisme dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Manfaat daun seledri itu bisa Anda dapat tentunya dengan menerapkan pola hidup sehat lainnya. Imbangi konsumsi daun seledri dengan makanan bergizi lain. Jangan lupa untuk rajin olahraga dan hindari merokok serta konsumsi alkohol berlebih.

Selanjutnya: 4 Manfaat daun sirih sebagai obat herbal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×