kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Makanan untuk penderita asam urat yang bisa Anda coba


Jumat, 28 Mei 2021 / 07:10 WIB
4 Makanan untuk penderita asam urat yang bisa Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah asam urat yang terlalu banyak dapat mengkristal di bagian jaringan lunak dan sendi sehingga mengakibatkan banyak masalah. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat.

Jika Anda memiliki jumlah asam urat dalam tubuh yang cukup tinggi, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak purin. Dengan begitu, peradangan bagian tubuh akibat jumlah asam urat yang tak terkontrol dapat Anda hindari.

Melansir Health Central (healthcentral.com), cobalah untuk mengonsumsi produk olahan susu, seperti keju atau yogurt. Namun, pastikan untuk memilih produk rendah lemak, ya. Jika Anda tidak suka produk olahan susu, masih banyak jenis makanan lain yang bisa Anda jadikan pilihan.

Sayur

Sayur termasuk salah satu makanan untuk penderita asam urat yang dapat Anda coba. Mayoritas sayuran memiliki kandungan purin yang sedikit. Jadi, jenis makanan itu bisa Anda masukkan dalam menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Namun, ada beberapa jenis sayur yang sebaiknya Anda hindari karena memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Misalnya, kembang kol, jamur, dan bayam. Jika Anda memang ingin mengonsumsinya, usahakan untuk tidak makan jenis sayuran itu lebih dari ½ gelas per hari.

Baca Juga: 3 Daun buah-buahan yang bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam urat tinggi

Minyak Zaitun dan Minyak Ikan

Health Central mengatakan bahwa mengonsumsi minyak zaitun dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh. Selain minyak zaitun, Anda juga bisa mengonsumsi minyak ikan secara rutin supaya jumlah asam urat dan rasa sakit di badan bisa berkurang.

Minyak ikan mengandung omega-3 yang berperan sebagai antiinflamasi. Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk suplemen, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat dosis suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Asam urat naik? Daun alpukat bisa membantu meredakan asam urat tinggi

Buah Ceri

Buah ceri termasuk salah satu makanan untuk penderita asam urat.

Berikutnya, makanan untuk penderita asam urat yang bisa Anda coba adalah buah-buahan. Sama seperti sayur, kebanyak buah memiliki jumlah purin yang sedikit. Namun, salah satu jenis buah yang benar-benar efektif menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh adalah ceri.

Anda bisa mengolah buah ceri dalam berbagai macam hidangan. Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan yogurt, mengolahnya dulu menjadi smoothies, atau mengonsumsinya dalam bentuk jus. Namun, pastikan untuk tidak menambah pemanis buatan supaya manfaatnya bisa terserap tubuh secara maksimal.

Selanjutnya: 4 Buah yang bisa memicu naiknya kadar asam urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×