Penyakit Menular

4 Makanan ini bisa dikonsumsi ibu hamil yang terinfeksi Covid-19

Senin, 31 Mei 2021 | 15:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Makanan ini bisa dikonsumsi ibu hamil yang terinfeksi Covid-19

ILUSTRASI. Ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 perlu mengonsumsi beberapa jenis nutrisi.

KONTAN.CO.ID - Virus corona bisa menginfeksi siapa pun, termasuk ibu hamil. Jika Anda sedang hamil dan terinfeksi Covid-19, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Termasuk, mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Pertama, Anda perlu memerhatikan asupan cairan saat hamil dan terinfeksi Covid-19. Usahakan untuk minum banyak air putih supaya tubuh tidak dehidrasi.

Kedua, Anda bisa membiasakan diri berkumur dengan obat kumur supaya kesehatan tetap terjaga.

Ketiga, diskusikan dengan dokter tentang suplemen tambahan apa yang sebaiknya Anda minum. Hal itu penting Anda lakukan supaya sistem imun tetap terjaga.

Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda dan janin dalam kandungan.

Vitamin D

Mengutip dari Only My Health, vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang baik untuk kesehatan Anda selama hamil dan terinfeksi virus corona. Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin itu dengan berjemur di bawah sinar matahari selama 20 menit per hari.

Selain itu, mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak kalsium juga penting. Tujuannya, agar penyerapan vitamin D bisa maksimal. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium adalah susu, keju, dan produk olahan susu yang lain.

Baca Juga: Makanan dan minuman yang bisa meningkatkan kesuburan perempuan

Vitamin A

Makanan lain yang perlu Anda konsumsi saat hamil dan terinfeksi virus corona adalah makanan yang mengandung banyak vitamin A. Vitamin A efektif mengatur metabolisme tubuh sehingga tubuh Anda menjadi lebih kuat melawan infeksi Covid-19.

Ada banyak bahan alami yang mengandung banyak vitamin A, mulai dari wortel, brokoli, hingga asparagus. Anda bisa mengolahnya menjadi salad, smoothies, atau hidangan lainnya. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Baca Juga: Kaki bengkak saat hamil, berikut 12 cara mengatasi

Vitamin C

Mengonsumsi makanan tinggi vitamin C disarankan untuk ibu hamil yang terinfeksi Virus Corona.

Ibu hamil yang terifneksi Covid-19 sebaiknya mengonsumsi banyak makanan tinggi vitamin C. Only My Health merekomendasikan untuk mengonsumsi buah kiwi, jeruk, lemon, dan lain-lain.

Jika memang diperlukan, Anda bisa minta saran dokter untuk mengonsumsi suplemen vitamin C.

Probiotik

Mengonsumsi probiotik juga baik untuk kesehatan Anda selama hamil dan terkena Covid-19, lo. Probiotik baik untuk kesehatan sistem pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Ada banyak pilihan makanan yang mengandung probiotik, seperti kimci, yogurt, dan lain-lain.

Selanjutnya: Studi mengatakan vaksin Covid-19 aman digunakan wanita hamil

Editor: Belladina Biananda
Terbaru