kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Hal yang membuat virus corona berbeda dengan virus flu


Sabtu, 07 November 2020 / 11:30 WIB
4 Hal yang membuat virus corona berbeda dengan virus flu


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Gejala infeksi virus corona baru, seperti demam dan batuk, mirip dengan gejala virus flu. Namun, ada beberapa hal yang bisa digunakan sebagai pembeda antara kedua jenis virus tersebut.

Nah, berikut yang membuat virus corona berbeda dengan virus flu:

Sistem imun tubuh

Mengutip dari The Scottish Sun, virus corona lebih mudah tersebar dari virus flu karena imunitas Covid-19 belum ditemukan. Linsey Marr, profesor teknik sipil dan lingkungan di Virginia Tech, mengatakan, itu membuat banyak orang lebih mudah terserang virus corona.

Asimtomatik

Beberapa gejala yang seseorang alami saat terserang virus flu adalah sakit kepala dan nafsu makan menurun.

Di sisi lain, orang yang terinfeksi virus corona bisa tak menunjukkan gejala apa pun. Hal itulah yang menyebabkan virus corona lebih mudah tersebar.

Seseorang yang tak sadar telah terinfeksi Covid-19 bisa saja lengah sehingga menyebarkan virus corona kepada orang lain. Menurut para ahli, pasien Covid-19 tanpa gejala mencapai angka 40%-50% dari total kasus.

Hal tersebut masih diperparah dengan masa inkubasi virus corona yang lebih lama. Profesor Marr menyebutkan, masa inkubasi virus corona bertahan hingga 14 hari. Sedangkan masa inkubasi virus flu hanya tiga hari.

Baca Juga: Sebelum berwisata simak 5 tips liburan yang aman dari corona

Penyebaran virus

Perbedaan antara virus corona dan virus flu juga terletak pada seberapa banyak orang yang bisa terinfeksi.

Melansir dari The Scottish Sun, seseorang yang terinfeksi virus flu bisa menyebarkan virus ke 1-1,3 orang. Sementara virus corona bisa tersebar ke hingga 2,5 orang.

Penyebaran virus corona akan semakin berbahaya di ruangan dengan ventilasi udara yang buruk. Begitu pula jika orang-orang yang ada di dalamnya tak memakai masker dengan benar.

Maka dari itu, menerapkan protokol kesehatan secara disiplin merupakan hal yang penting.

Usahakan untuk tidak berkumpul dengan orang lain di masa pandemi seperti saat ini. Jika terpaksa harus melakukan kegiatan dengan banyak orang, cobalah untuk melakukannya di ruangan terbuka, menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker secara benar, dan rajin cuci tangan.

Baca Juga: Antibodi virus corona lebih bertahan lama pada pasien dengan gejala parah

Orang dewasa lebih mudah terserang virus corona

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang terinfeksi virus corona adalah kondisi kesehatan dan usia. Semakin tua usia seseorang, kemungkinan menderita Covid-19 semakin besar pula.

Hal tersebut menunjukkan, orang dewasa lebih mudah terserang virus corona dibanding anak-anak. Penelitian dari para ahli di King’s College London juga memperlihatkan, gejala infeksi virus corona yang dialami anak-anak berbeda dengan orang dewasa.

Selanjutnya: Vaksin Flu bisa menangkal Virus Corona? Cek laporannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×