CLOSE [X]

4 Gejala tumor otak yang perlu Anda tahu

Senin, 07 September 2020 | 12:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Gejala tumor otak yang perlu Anda tahu

ILUSTRASI. Gejala tumor otak perlu Anda waspadai agar penanganannya bisa dengan cepat dan tepat.


KONTAN.CO.ID - Ada banyak tumor otak yang bisa seseorang alami. Seseorang bisa mengalami gejala tumor otak yang beragam sesuai dengan ukuran dan tempat pertumbuhan tumor.

Ada tumor otak yang bersifat kanker, ada pula tumor otak yang bersifat tak kanker. Gejala tumor otak yang sering muncul adalah sakit kepala.

Mengutip dari Healthline, sebanyak 50% penderita tumor otak mengalami sakit kepala. Tumor otak menekan saraf dan pembuluh darah di sekitarnya, sehingga menyebabkan sakit kepala.

Biasanya, Anda mengalami sakit kepala dalam jangka waktu lama. Rasa sakit semakin terasa saat Anda bangun di pagi hari, olahraga, atau batuk.

Baca Juga: Tes Darah Terbaru Bisa Prediksi 50 Jenis Kanker

Mengonsumsi obat sakit kepala tak bisa menghilangkan gejala tumor otak tersebut. Muntah adalah gejala lain yang biasanya ikut muncul.

Sakit kepala memang bukanlah satu-satunya gejala tumor otak. Ada beberapa gejala tumor otak lainnya yang juga disebutkan oleh Healthline dan perlu Anda waspadai.

Mood dan Kepribadian Berubah

Gejala tumor otak bisa Anda perhatikan dari mood atau perasaan dan kepribadian seseorang. Tumor dapat mengganggu fungsi otak sehingga kepribadian dan perilaku juga ikut terdampak. Misalnya, Anda menjadi lebih mudah marah dan pasif.

Gejala tumor otak tersebut bisa terjadi karena tumor yang tumbuh di bagian cerebrum tertentu, lobus frontal, dan lobus temporal. Gejala tumor otak itu bisa Anda alami di masa awal terdiagnosa atau setelah menjalani pengobatan kanker, seperti kemoterapi.

Baca Juga: Mengenal tumor dan kanker, beda atau sama?

Memori hilang

Tumor di bagian lobus frontal dan temporal juga mengakibatkan gejala tumor otak lainnya, yaitu memori yang mulai hilang. Hal itu menyebabkan Anda lebih sulit mengambil keputusan, kehilangan konsentrasi, bingung, dan tak bisa melakukan banyak pekerjaan sekaligus.

Gejala tumor otak tersebut bisa terjadi di tahapan mana pun dan muncul akibat kemoterapi, radiasi, atau pengobatan kanker lainnya. Kehilangan memori bisa diperparah saat tubuh mengalami kelelahan.

Kelelahan

Kelelahan yang dimaksud berbeda dari lelah yang dirasakan orang sehat pada umumnya. Gejala tumor otak biasanya menyebabkan rasa lelah yang berlangsung lama, tubuh terasa lemah, Anda sering tidur di siang hari.

Mual dan huntah

Anda juga bisa mual dan muntah saat masa awal terjadinya tumor otak. Gejala tumor otak itu muncul akibat ketidakseimbangan hormon. Selama proses perawatan, mual dan muntah bisa jadi efek kemoterapi atau jenis perawatan lainnya.

Selanjutnya: 3 faktor risiko penyebab kanker ginjal yang sebaiknya Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru