kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mengenal tumor dan kanker, beda atau sama?


Sabtu, 07 September 2019 / 14:28 WIB
Mengenal tumor dan kanker, beda atau sama?
ILUSTRASI. Pita merah muda simbol kampanye kesadaran kanker payudara

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Artis Ria Irawan harus kembali menjalani perawatan di rumah sakit karena kanker yang dideritanya. Beberapa tahun lalu, perempuan yang mempunyai nama lengkap Chandra Ariati Dewi ini sempat menyatakan kondisinya membaik dan sel-sel kanker di tubuhnya berhasil disembuhkan. 

Namun, kini sel kanker di tubuh Ria menyebar ke organ tubuh lain dan ia kembali harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Salemba, Jakarta Pusat. 

Perlu diketahui, tumor dan kanker merupakan penyakit ganas yang menyerang manusia di usia berapapun. Sel keduanya membelah secara tidak terkendali dan melemahkan jaringan tubuh. 

Baca Juga: Sel kanker Ria Irawan aktif lagi, menyebar ke organ tubuh lain

Namun, masih banyak orang yang bingung, bahkan tidak tahu mengenai perbedaan dan persamaan dari tumor dan kanker. Kedua penyakit ganas ini sering tertukar-tukar dalam penyebutannya. 

Lantas, apa saja perbedaan dan persamaan dari tumor dan kanker? 

Dilansir dari hellosehat, tumor adalah pertumbuhan sel yang tidak normal pada bagian tubuh tertentu. Ia muncul saat adanya sel-sel tubuh yang membelah dan tumbuh secara berlebihan. 

Adapun tumor terdiri dari dua jenis, yakni tumor jinak dan tumor ganas. Untuk tumor jinak, ia hanya terjadi pada bagian tubuh tertentu dan tidak bersifat menyebar ke organ tubuh lain. 




TERBARU

Close [X]
×