4 Gejala tumor otak ini dapat Anda alami, apa saja?

Rabu, 23 Juni 2021 | 06:56 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Gejala tumor otak ini dapat Anda alami, apa saja?

ILUSTRASI. Kelelahan dan sakit kepala termasuk beberapa gejala tumor otak.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang mengalami gejala tumor otak yang berbeda-beda. Biasanya, ciri-ciri yang muncul sesuai dengan letak pertumbuhan sel otak. Selain itu, sifat tumor, apakah bersifat kanker atau tidak, juga berpengaruh pada tanda tumor yang Anda alami.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), tumor bisa tumbuh secara langsung di otak. Namun, tidak menutup kemungkinan tumor muncul di otak setelah ada sel tumor yang tumbuh di bagian tubuh yang lain.

Tentu saja mewaspadai gejala tumor bisa jadi salah satu cara pencegahan kondisi kesehatan yang lebih parah. Jika Anda mengalami beberapa gejala di bawah ini, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa segera mendapat perawatan yang sesuai.

Kelelahan

Gejala tumor otak pertama yang bisa Anda alami adalah kelelahan. Tubuh Anda terasa lemah bahkan saat Anda tidak melakukan banyak kegiatan fisik. Selain disebabkan oleh pertumbuhan sel tumor, badan yang selalu terasa lelah dan lemas bisa disebabkan oleh faktor lain. jadi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Cara mengenali potensi serangan stroke

Sakit Kepala

Healthline menyebutkan bahwa sekitar 50% penderita tumor mengalami sakit kepala hebat. Kondisi itu terjadi akibat pertumbuhan sel kanker yang menekan sistem saraf dan pembuluh darah di sekitarnya.

Biasanya, sakit kepala akibat pertumbuhan sel tumor lebih terasa di pagi hari saat Anda bangun tidur. Selain itu, sakit kepala akan semakin parah saat Anda olahraga atau mengubah posisi tubuh. Sakit kepala juga disertai dengan rasa mual dan muntah dan tidak bisa hilang meski Anda sudah minum obat.

Baca Juga: Jangan anggap enteng, ini 15 gejala penyakit ginjal yang perlu diwaspadai

Depresi

Salah satu gejala tumor otak adalah depresi.

Anda perlu berhati-hati karena depresi juga termasuk salah satu gejala tumor otak. Anda mungkin akan kehilangan minat terhadap beberapa hal yang biasanya Anda sukai. Selain itu, depresi akibat tumor otak biasanya ditandai dengan gangguan tidor dan rasa sedih yang berlangsung cukup lama.

Kejang

Seperti yang telah disebutkan, pertumbuhan sel otak dapat menekan sistem saraf di sekitarnya. Nah, selain menyebabkan sakit kepala, kondisi itu juga dapat mengakibatkan tubuh Anda kejang. Sekitar 50% penderita tumor otak pernah mengalami kejang minimal sekali. Jadi, Anda perlu mewaspadai gejala ini.

Selanjutnya: Inilah 4 penyebab sakit kepala yang bisa Anda alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru