Kesehatan Umum

4 Gejala kolesterol tinggi yang sebaiknya Anda waspadai

Senin, 07 Juni 2021 | 14:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Gejala kolesterol tinggi yang sebaiknya Anda waspadai

ILUSTRASI. Nyeri dada termasuk salah satu gejala kolesterol tinggi yang bisa terjadi. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.

KONTAN.CO.ID - Kolesterol diproduksi liver dalam tubuh untuk membantu pembentukan sejumlah hormon tertentu, vitamin D. Sayangnya, jumlah kolesterol yang terlalu banyak bisa mengganggu kesehatan. Gejala kolesterol tinggi pun perlu Anda waspadai.

Seiring berjalannya waktu, kolesterol jahat akan menumpuk di pembuluh darah sehingga aliran darah terganggu. Hal itu berpengaruh pada tekanan darah sehingga risiko penyakit jantung pun dapat Anda alami.

Supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin parah, ada beberapa gejala yang perlu Anda waspadai. Semakin cepat Anda menyadari gejala-gejala berikut ini, semakin cepat pula Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Kulit tumbuh

Melansir Timesnownews.com, kulit tembuh termasuk salah satu ciri-ciri penyakit kolesterol yang perlu Anda waspadai. Apalagi, jika kulit tumbuh berwarna kuning. Kulit tumbuh itu muncul akibat penumpukan kolesterol di bawah lapisan kulit.

Kulit tumbuh akibat kolesterol tinggi bisa muncul di bagian tubuh mana pun. Namun, biasanya kulit tumbuh lebih banyak muncul di sekitar mata, telapak tangan, dan bagian belakang kaki.

Jika Anda mengalami hal itu, jangan ragu untuk segera konsultasi dengan dokter, ya.

Baca Juga: Cara mengenali potensi penyakit jantung, cek dari tanda-tanda di kulit dan kuku

Nyeri dada

Penumpukan kolesterol dapat mengganggu aliran darah. Nah, hal itu bisa menyebabkan munculnya rasa sakit dan nyeri di bagian dada Anda.

Selain karena kolesterol, nyeri dada bisa disebabkan oleh masalah lain. Jadi, ada baiknya bagi Anda untuk tidak menunda waktu konsultasi ke dokter.

Tangan sakit

Salah satu gejala kolesterol tinggi adalah tangan terasa sakit.

Menurut Timesnownews.com, kolesterol tinggi memunculkan rasa sakit di bagian tangan Anda. Hal itu terjadi karena kolesterol dan mineral serta senyawa lain menyumbat aliran darah. Seiring berjalannya waktu, sakit yang Anda rasakan bisa semakin parah.

Baca Juga: 8 Manfaat kembang kol untuk kesehatan: meredakan gejala rematik sampai darah tinggi

Muncul arcus senilis

Arcus senilis adalah istilah yang merujuk pada kemunculan lingkar biru di bagian luar kornea. Selain warna biru, lingkar di luar kornea juga bisa muncul dalam warna abu-abu atau putih. Biasanya, kondisi itu dikaitkan dengan tanda-tanda penuaan.

Namun, arcus senilis juga bisa jadi gejala kolesterol tinggi saat dialami oleh Anda yang berusia di bawah 45 tahun. Tidak hanya menunjukkan jumlah kolesterol tinggi, arcus senilis juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selanjutnya: 6 Gejala penyakit jantung yang bisa tampak di kulit

Editor: Belladina Biananda
Terbaru