kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Gejala kanker usus ini harus diperhatikan, ada yang Anda alami?


Sabtu, 27 Maret 2021 / 10:40 WIB
4 Gejala kanker usus ini harus diperhatikan, ada yang Anda alami?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak gejala kanker usus yang bisa Anda alami. Namun, setiap orang memiliki gejala yang yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan kondisi Anda.

Biasanya, masalah kesehatan itu dipicu karena berbagai macam faktor. Mulai dari usia di atas 50 tahun, diabetes atau penyakit yang lain, sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dan rendah serat, mengonsumsi alkohol terlalu banyak, dan merokok.

Jika Anda memiliki faktor-faktor tersebut, Anda cukup berisiko mengalami kanker usus. Untuk memastikan kondisi Anda, masalah kesehatan itu bisa didiagnosa dengan berbagai macam cara, seperti tes darah atau CT scan. Selain itu, memerhatikan gejala yang muncul juga penting untuk dilakukan.

Anemia

Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurang sel darah merah sehingga distribusi oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Hal itu menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Mulai dari kulit pucat, sakit kepala, sesak napas, dan lain-lain.

Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya zat besi supaya anemia bisa teratasi. Namun, jika berbagai macam cara tak mampu mengatasi anemia yang Anda alami, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Bisa saja kondisi itu jadi tanda munculnya kanker.

Baca Juga: 4 Penyebab BAB berdarah yang perlu Anda waspadai, jangan lengah

Kebiasaan Buang Air Besar Berubah

Mengutip dari Cleveland Clinic (my.clevelandclinic.org), kebiasaan buang air besar yang berubah-ubah bisa jadi gejala kanker usus. Di satu waktu, Anda mungkin mengalami sembelit, tapi di waktu yang lain Anda justru mengalami diare. Jika hal itu terus terjadi berulang kali, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Feses Bercampur Darah

Cleveland Clinic menyebutkan bahwa feses yang bercampur dengan darah jadi salah satu gejala kanker usus yang cukup umum terjadi. Meski demikian, kondisi itu bisa jadi tanda masalah kesehatan yang lain, misalnya gangguan pada saluran pencernaan.

Baca Juga: Cegah kanker, ini 4 manfaat kencur untuk kesehatan

Gejala Kanker Usus yang Lain

Selain beberapa hal di atas, kanker usus juga bisa ditandai oleh faktor yang lain. Mulai dari perut kembung, sakit perut, nyeri di daerah panggul, muntah, hingga berat badan yang turun tanpa alasan yang jelas. Jika Anda mengalami gejala-gejala itu, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Selanjutnya: 6 Manfaat taoge untuk kesehatan: merawat kulit sampai antikanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×