4 Faktor ini bisa jadi penyebab ketombe, sudah tahu?

Rabu, 25 Agustus 2021 | 12:51 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Faktor ini bisa jadi penyebab ketombe, sudah tahu?

ILUSTRASI. Beberapa faktor bisa jadi penyebab ketombe.

KONTAN.CO.ID - Selain membuat malu, ketombe juga bisa mengganggu kesehatan rambut dan kulit kepala, lo. Maka dari itu, penyebab ketombe perlu Anda atasi dengan baik supaya masalah yang lebih parah tak terjadi.

Jika faktor yang menyebabkan ketombe sudah diketahui, Anda menjadi lebih mudah untuk menentukan perawatan yang tepat. Ada banyak produk penghilang ketombe yang dijual di pasaran. Tak hanya itu, memanfaatkan bahan-bahan alami juga bisa Anda coba.

Namun, jika ketombe tak kunjung hilang, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Melalui beberapa pemeriksaan, dokter bisa memberikan saran perawatan rambut dan kulit kepala yang disesuaikan dengan penyebabnya.

Alergi

Melansir Henry Ford Live Well, berbagai jenis alergi bisa memicu kemunculan ketombe. Jangan abaikan rasa sakit dan gatal yang muncul di kulit kepala.

Segera hindari beberapa jenis produk yang kemungkinan menyebabkan kulit kepala iritasi sehingga ketombe pun bisa hilang dengan lebih cepat.

Baca Juga: Rasa gatal hilang, cek 4 cara menghilangkan ketombe ini

Kulit kering

Penyebab ketombe yang paling umum adalah kondisi kulit yang kering. Kemunculan ketombe akan semakin parah dari waktu ke waktu, apalagi saat cuaca dingin.

Tentu saja, Anda perlu menjaga kelembaban kulit kepala supaya masalah tersebut dapat hilang. Pilihlah sampo atau kondisioner yang memiliki banyak pelembab dan sesuai untuk kulit kering.

Menggunakan bahan alami sebagai pelembab juga bisa Anda lakukan. Namun, pastikan untuk melakukan uji coba dulu, ya. Kalau tak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaiannya.

Kondisi medis

Henry Ford Live Well menyebutkan, kondisi medis tertentu, seperti dermatitis seboroik, bisa menyebabkan ketombe. Umunya, ketombe juga dibarengi dengan kulit kepala yang memerah.

Segera periksakan diri ke dokter supaya Anda bisa mendapat produk perawatan yang tepat.

Baca Juga: Ingin rambut tumbuh lebat? Coba 7 cara ini!

Jarang mencuci rambut

Jarang mencuci rambut bisa jadi penyebab ketombe.

Jarang mencuci rambut bisa jadi penyebab ketombe, lo. Kebiasaan itu mengakibatkan penumpukan minyak berlebih di kulit kepala. Akibatnya, kotoran itu menyumbar pori-pori dan menimbulkan ketombe.

Jika Anda merasa sudah rajin mencuci rambut, cobalah untuk menambah jumlah sampo yang Anda pakai. Menggunakan sampo dengan bahan dasar tertentu juga bisa Anda coba. Terlebih jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Selanjutnya: Ini 5 rekomendasi shampo organik, bisa jadi solusi masalah rambut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru