4 Cara mengobati sering buang air kecil terus-menerus

Jumat, 29 Oktober 2021 | 15:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengobati sering buang air kecil terus-menerus

ILUSTRASI. Anda bisa mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu sebagai cara mengobati sering buang air kecil terus-menerus. KONTAN/Daniel Prabowo/14/05/2012


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai macam faktor dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengobati sering buang air kecil terus-menerus yang bisa Anda coba. Selain melakukan hal-hal dalam artikel ini, jangan lupa untuk tetap memeriksakan diri ke dokter, ya.

Melansir Health Central (healthcentral.com), sering buang air kecil bisa terjadi karena kondisi kandung kemih yang tidak normal. Kandung kemih yang terlalu aktif membuat keinginan buang air kecil benar-benar meningkat.

Nah, beberapa jenis makanan di bawah ini bisa Anda masukkan dalam menu sehat sehari-hari. Namun, jangan mengonsumsinya secara sembarangan, ya. Anda tetap perlu meminta saran dokter, terlebih bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Buah dan Sayur

Cara mengobati sering buang air kecil terus-menerus dapat Anda lakukan dengan rutin makan buah dan sayur. Kebanyakan buah dan sayur yang Anda konsumsi mengandung serat dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan. Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsi buah sitrus terlalu banyak, ya.

Baca Juga: Sering buang air kecil bisa karena diabetes atau faktor lain

Air Putih

Minum air putih termasuk cara mengobati sering buang air kecil terus-menerus.

Health Central mengatakan bahwa air putih adalah jenis minuman terbaik untuk kondisi kandung kemih. Anda mungkin berpikir bahwa mengurangi minum air putih dapat mengurangi intensitas buang air kecil.

Namun, hal itu justru memberikan efek yang tidak baik untuk kesehatan. Minum air putih terlalu sedikit justru membuat permukaan kandung kemih iritasi. Ketika hal itu terjadi, justru kondisi kesehatan Anda yang memburuk.

Roti

Mengonsumsi roti juga termasuk dalam cara mengobati sering buang air kecil, lo. Tidak hanya itu, sereal dan pasta juga bisa jadi pilihan. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dengan pemanis buatan, ya. Hal itu justru bisa memperburuk kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: Umum terjadi, 4 tanda-tanda hamil ini bisa Anda alami

Ikan

Supaya kesehatan saluran kemih terjaga, tak ada salahnya untuk mengonsumsi ikan secara teratur. Anda juga bisa mengonsumsi jenis seafood yang lain, misalnya kerang. Jika Anda ingin mengonsumsi jenis-jenis makanan itu, usahakan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Hindari mengkombinasikan ikan atau kerang dengan jenis makanan lain yang memiliki rasa asam. Selain itu, cobalah untuk memasaknya memakai jenis minyak sehat, seperti minyak zaitun. Alasannya karena jenis minyak itu mengandung jenis lemak yang sehat, yaitu lemak tak jenuh tunggal.

Selanjutnya: 5 penyebab nyeri perut bagian bawah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru