kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengobati bisul, pakai kunyit dan bahan alami lain


Jumat, 22 Oktober 2021 / 10:20 WIB
4 Cara mengobati bisul, pakai kunyit dan bahan alami lain


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisul adalah salah satu jenis infeksi kulit yang ditandai dengan benjolan merah dan mengandung nanah. Tentu saja penyakit kulit itu membuat Anda tak nyaman sehingga cara mengobati bisul perlu segera Anda lakukan.

Selain infeksi, gesekan dan keringat juga bisa jadi penyebab bisul. Artinya, penyakit kulit itu lebih banyak muncul di beberapa lipatan tubuh. Seiring berjalannya waktu, ukuran bisul bisa membesar dan rasa sakit yang Anda alami pun bertambah.

Tak hanya memakai obat apotek, bisul juga bisa diobati dengan memakai bahan-bahan alami. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan kebenarannya. Jadi, jangan lupa untuk melakukan uji coba dan mengonsultasikannya dulu ke dokter.

Kunyit

Curcumin, salah satu kandungan yang ada dalam kunyit, berperan sebagai antiinflamasi. Melansir Greatist (greatist.com), Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk mengobati bisul dengan mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Baca Juga: Cegah penyakit asam urat muncul, kenali nilai kadar asam urat normal

Bawang Merah

Salah satu cara mengobati bisul adalah memakai bawang merah.

Cara mengobati bisul selanjutnya yang layak Anda coba adalah memakai bawang merah. Selain mengandung antibiotik, bawang merah juga mampu menyerap nanah dalam bisul, memperlancar sirkulasi darah, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Anda perlu memotong bawang merah menjadi irisan tebal terlebih dahulu. Kemudian, balut bawang merah dengan kain kasa lalu aplikasikan pada bisul lalu diamkan selama satu jam. Anda bisa melakukannya satu sampai dua kali dalam sehari supaya bisul cepat sembuh.

Garam Epsom

Bahan lain yang disarankan Greatist untuk menyembuhkan bisul adalah garam epsom. Sama seperti bawnag merah, garam epsom bisa mengeluarkan nanah sehingga bisul lebih cepat kering dan sembuh. Anda hanya perlu mengaplikasikan kain hangat yang dicampur dengan garam epsom selama 30 menit pada bisul.

Baca Juga: Jangan sepelekan, ketahui 4 penyebab benjolan di ketiak

Bawang Putih

Cara mengobati bisul menggunakan bawang putih.

Tidak hanya bawang merah, bawang putih juga cocok dijadikan cara mengobati bisul. Caranya, aplikasikan air perasan bawang putih pada bisul kemudian tutup dengan perban. Kandungan dalam bawang putih akan menghindarkan Anda dari infeksi.

Namun, Anda perlu berhati-hati jika ingin memakai bahan alami tersebut. Bawang putih bisa menimbulkan iritasi di kulit sehingga Anda sebaiknya melakukan uji coba dulu. Apabila tak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Selanjutnya: Ini cara mencegah, gejala, dan penyebab jerawat batu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×