4 Cara menghilangkan milia, bisa Anda coba di rumah

Kamis, 19 Agustus 2021 | 12:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan milia, bisa Anda coba di rumah

KONTAN.CO.ID - Selain jerawat dan komedo, milia adalah salah satu masalah kulit yang bisa Anda alami. Untuk menghindari hal itu, ada beberapa cara menghilangkan milia.

Sebab, jika tak teratasi dengan baik, milia bisa menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi. 

Milia biasanya berupa benjolan yang berukuran sangat kecil dan muncul bergerombal di bagian kulit tertentu. Umumnya, masalah kulit itu terjadi karena sel kulit mati yang menumpuk dan terperangkap dalam kulit.

Sebenarnya, milia bisa hilang dengan sendirinya. Namun, untuk mempercepat prosesnya, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di bawah ini. Dengan pemakaian rutin, milia bisa hilang dari kulit Anda.

Lemon

Melansir Beauty Glimpse, antiinflamasi dalam lemon mampu mengeringkan milia sehingga kemunculannya bisa hilang dengan lebih cepat.

Tak hanya itu, kandungan dalam lemon juga mampu mengecilkan ukuran pori-pori sehingga kemunculan milia dapat dicegah.

Caranya, potong lemon menjadi beberapa bagian. Setelah itu, gosokkan salah satu bagian lemon pada milia lalu diamkan dulu selama 30 hingga 40 menit. Selanjutnya, bilas sisa lemon dengan air.

Baca Juga: 5 Jenis penyakit kulit yang umum terjadi

Cuka apel

Jika Anda mencari cara menghilangkan milia, cobalah untuk memanfaatkan cuka apel. Sama seperti lemon, cuka apel mampu mengecilkan pori-pori kulit Anda.

Kotoran yang menyumbat pori-pori pun dapat dibersihkan dengan bahan alami itu. Karena memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, usahakan untuk mencampur cuka apel dengan air terlebih dahulu.

Aplikasikan air cuka apel pada milia menggunakan kapas. Selanjutnya, diamkan dulu selama setengah jam kemudian bilas dengan air.

Air mawar

Tahukah Anda bahwa air mawar dapat digunakan sebagai cara menghilangkan milia? Antiinflamasi dan kandungan lain dalam air mawar mampu mengatasi masalah kulit itu.

Caranya, cukup semprotkan air mawar pada milia sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 cara menghilangkan milia di dekat mata yang wajib dicoba

Minyak kelapa

Salah satu cara menghilangkan milia adalah memakai minyak kelapa.

Beauty Glimpse merekomendasikan minyak kelapa untuk mengatasi milia yang muncul di kulit. Selain mengandung antiinflamasi, minyak kelapa juga efektif melembabkan kulit sehingga kemunculan milia dapat teratasi dengan baik.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, gosokkan 1 sdm minyak kelapa pada area kulit di mana milia muncul. Setelah didiamkan selama 30 menit, bersihkan sisa minyak kelapa dengan pembersih yang biasa Anda pakai.

Gunakan bahan alami itu dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil maksimal.

Selanjutnya: Inilah penyebab mata bintitan dan cara mengobatinya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru