Tips Sehat

4 cara menghilangkan karang gigi yang efektif, bisa pakai bahan alami

Selasa, 16 Februari 2021 | 07:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 cara menghilangkan karang gigi yang efektif, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Kulit jeruk bisa jadi cara menghilangkan karang gigi.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Karang gigi terbentuk karena noda, kotoran, dan sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan benar. Jika bercampur dengan bakteri, berbagai macam masalah gigi dan mulut bisa Anda alami. Maka dari itu, cara menghilangkan karang gigi penting untuk dilakukan.

Salah satu tanda bahwa karang gigi sudah mengganggu kesehatan Anda adalah saat gigi terlihat kuning dan bau mulut menjadi tak sedap. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut.

Mulai dari rajin menyikat gigi, menghindari makanan dan minuman manis, dan berkonsultasi dengan dokter. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda coba di rumah terlebih dahulu supaya karang gigi bisa hilang.

Pasta Gigi Berfluoride

Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan untuk menghindari karang gigi adalah dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride. Mengutip dari Carefree Dental (carefreedental.com), zat tersebut mampu memperkuat enamel gigi dan mencegah pembusukan gigi.

Baca Juga: Catat, ini penyebab dan cara mengatasi gusi bernanah

Baking Soda

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan baking soda, lo. Anda hanya perlu mencampur 1 sdm baking soda dengan sejumput garam. Setelah itu, gunakan campuran itu sebagai pasta gigi.

Meski bisa dilakukan secara rutin, tapi sebaiknya jangan gunakan baking soda dalam jangka waktu yang lama. Sifat abrasif yang dimiliki baking soda dapat mengikis permukaan gigi. Jika terus terjadi, dikhawatirkan kesehatan gigi Anda justru terganggu.

Lidah Buaya, Baking Soda, Lemon, dan Gliserin

Cara menghilangkan karang gigi bisa pakai lidah buaya, baking soda, lemon, dan gliserin.

Selain dicampur dengan sedikit garam, baking soda juga bisa Anda kombinasikan dengan lidah buaya, lemon, dan gliserin. Bahan-bahan tersebut akan membersihkan karang gigi dan mencerahkan warna gigi Anda.

Pertama, campur segelas air dengan ½ gelas baking soda, 1 sdt gel lidah buaya, 4 sdt gliserin sayuran, dan essential oil lemon secukupnya. Setelah teraduk rata, gosokkan campuran itu pada gigi Anda secara menyeluruh.

Baca Juga: Tak bisa ke dokter gigi? Coba cara mengobati sakit gigi ini

Kulit Jeruk

Tahukah Anda bahwa kulit jeruk bisa jadi cara menghilangkan karang gigi? Carefree Dental menyebutkan bahwa bahan alami itu mampu melawan mikroorganisme yang membentuk karang gigi. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Anda hanya perlu menggosokkan kulit jeruk di seluruh bagian kulit Anda agar karang gigi hilang. Selain itu, Anda bisa menumbuknya terlebih dahulu kemudian aplikasikan pada gigi yang menguning lalu diamkan selama beberapa saat. Cara itu mampu mencerahkan warna gigi Anda.

Selanjutnya: Coba 4 opsi pemutih gigi dari bahan alami ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru