kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,22   -10,30   -1.10%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, ini penyebab dan cara mengatasi gusi bernanah


Senin, 18 Januari 2021 / 10:16 WIB
Catat, ini penyebab dan cara mengatasi gusi bernanah


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gusi bernanah terjadi karena infeksi bakteri akibatat gigi berlubang atau kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Awalnya, bakteri akan membentuk plak, lalu membuat gigi busuk, hingga menginfeksi jaringan gusi yang terbuka.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), tubuh merespons infeksi tersebut dengan mengirimkan banyak sel darah putih. Hal itulah menyebabkan gusi membengkak dan memunculkan benjolan bernanah.

Selain menyebabkan peradangan, kondisi tersebut juga menimbulkan gejala lain. Mulai dari bau mulut tak sedap, masakan menjadi terasa tidak lezat, gigi dan gusi sensitif, demam, gigi goyang, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Gusi Bernanah

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetasi keluarnya nanah dari gusi. Pertama, Anda bisa melakukan prosedur medis yang disarankan oleh dokter. Nantinya, dokter akan membersihkan nanah yang terkumpul di gusi Anda.

Baca Juga: 4 cara mengobati sakit gigi berlubang, efektif dan mudah dicoba

Selain itu, dokter juga akan membersihkan plak atau karang gigi penyebab masalah kesehatan gigi dan mulut. Jika diperlukan, dokter akan melakukan tes X-ray untuk melihat apakah ada kerusakan tulang yang disebabkan oleh abses.

Kedua, gusi bermasalah dapat pula disembuhkan dengan antibiotik. Jenis pengobatan itu akan membersihkan bakteri yang menginfeksi dan mengurangi radang gusi. Ketiga, Anda juga bisa mengatasinya dengan pengobatan di rumah.

Misalnya, Anda bisa minum ibuprofen atau obat apotek lain yang disarankan dokter untuk mengurangi rasa sakit dan meredakan peradangan. Berkumur dengan air garam juga bisa jadi salah satu cara mengatasi kondisi tersebut.

Penyebab Gusi Bernanah

Seperti yang telah dikatakan, nanah dalam gusi bis aterjadi karena kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Hal itu semakin parah jika Anda memiliki masalah kesehatan yang lain, seperti obesitas, diabetes, hepatitis C, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pakai bahan alami, ini 4 cara mengatasi gusi bengkak

Medical News Today juga mengatakan bahwa kondisi itu lebih mudah dialami bagi Anda yang memiliki sistem imun tubuh yang kurang kuat. Tubuh akan kesulitan melawan infeksi bakteri yang menyerang gusi Anda.

Jika nanah muncul dari gusi Anda, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat. Jangan sampai menunda waktu konsultasi karena dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda. Bila belum sempat ke dokter gigi, Anda bisa mengurangi rasa sakit dengan pengobatan di rumah.

Selanjutnya: Catat, ini 4 cara terbaik mengatasi gusi berdarah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×