Tips Sehat

4 Cara menghilangkan jerawat di punggung terbaik

Kamis, 29 Oktober 2020 | 10:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan jerawat di punggung terbaik

ILUSTRASI. Menjaga kebersihan diri setelah berolahraga bisa jadi cara menghilangkan jerawat di punggung. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/Spt/17


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya muncul di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh yang lain, salah satunya punggung. Jerawat terbentu saat pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran dan minyak berlebih. Cara menghilangkan jerawat di punggung perlu Anda lakukan agar kondisi kulit tak semakin parah.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), ada beberapa hal yang meningkatkan resiko munculnya jerawat. Beberapa di antaranya adalah gen keluarga, pengobatan yang sedang dijalani, perubahan hormon, keringat berlebih, dan stres yang tak dikelola dengan baik.

Selain itu, makanan yang Anda konsumsi sehari-hari juga memberikan pengaruh terhadap munculnya jerawat. American Academy of Dermatology mengatakan, beberapa jenis karbohidrat dan produk olahan susu bisa menimbulkan jerawat. Berikut ini cara yang bisa Anda coba untu mengatasi hal itu.

Jaga Kebersihan Diri

Seperti yang telah dikatakan, keringat berlebih dapat meningkatkan resiko munculnya jerawat. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan diri, apalagi setelah melakukan olahraga. Jika tak dibersihkan segera, keringan bisa terperangkap di kulit dan berkontaminasi dengan kuman lain.

Baca Juga: 5 Cara mencegah jerawat terbaik yang bisa Anda lakukan

Usahakan untuk langsung mandi setelah berolahraga. Selain itu, pastikan untuk mencuci pakaian yang digunakan saat olahraga. Dengan begitu, jerawat bisa sembut lebih cepat dan kemunculannya bisa dicegah.

Eksfoliasi

Bubuk oatmeal bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat di punggung.

Cara menghilangkan jerawat di punggung selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih di kulit. Dengan melakukan hal itu, pori-pori menjadi tak tersumbat lagi.

Ada banyak cara eksfoliasi yang bisa Anda coba. Mulai dari memakai produk yang dijual di pasaran hingga menggunakan bahan-bahan alami. Jika Anda ingin memakai bahan alami, Anda bisa menggunakan bubuk oatmeal, gula pasir, madu, dan lain sebagainya.

Pakai Baju Longgar

Healthline mengatakan bahwa baju yang terlalu ketat dapat memperparah kondisi jerawat di punggung. Dengan memakai baju seperti itu, keringat dan kotoran akan semakin mudah menggesek kulit.

Baca Juga: 3 ​Manfaat madu untuk wajah, bisa cerahkan kulit dan obati jerawat

Namun, tidak memakai baju saat olahraga juga tidak benar, apalagi jika kulit terkena lantai gym atau peralatan gym lain. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menggunakan baju longgar.

Pakai Sunscreen

Sunscreen merupakan produk perawatan yang menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Namun, Anda perlu memerhatikan sunscreen yang Anda pakai. Usahakan untuk memilih sunscreen ringan tanpa minyak agar jerawat di punggung tak semakin parah.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Editor: Belladina Biananda


Terbaru