Tips Sehat

4 cara menggemukkan badan secara alami agar tubuh ideal

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 11:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 cara menggemukkan badan secara alami agar tubuh ideal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Cara menggemukkan badan perlu segera Anda lakukan, apalagi jika berat badan masih di bawah batas normal. Dengan menambah berat badan, penampilan Anda juga bisa lebih terlihat maksimal, lo.

Seseorang mengalami kekurangan berat badan karena banyak hal. Mulai dari metabolisme tubuh dan aktivitas yang terlalu tinggi, keturunan, depresi, stres, atau kondisi kesehatan lainnya.

Sama seperti menurunkan berat badan, menggemukkan badan juga memerlukan usaha. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisa menambah berat badan secara sehat.

Konsumsi Karbohidrat dan Lemak Sehat

Cara menggemukkan badan secara alami terbaik yang direkomendasikan Style Craze adalah dengan mengonsumsi karbohidrat dan lemak sehat. Karbohidrat dan lemak sehat mampu memenuhi kebutuhan energi dan kalori agar berat badan bisa bertambah.

Baca Juga: Tak nyaman bertubuh kurus, ini cara menggemukkan badan

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak sehat adalah nasi, produk dari gandum utuh (whole grain), yogurt, oatmeal, keju, alpukat, dan lain sebagainya.

Menambah Asupan Kalori

Cara menggemukkan badan secara alami bisa dengan konsumsi alpukat.

Berkebalikan dengan cara menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi lebih banyak kalori agar berat badan bisa bertambah. Usahakan untuk tidak mengosongkan makanan rendah kalori yang tak bernutrisi di tiap jadwal makan Anda. Ada banyak makanan tinggi kalori yang bisa Anda konsumsi. 

Mulai dari selai kacang, keju, roti panggang dan telur rebus, alpukat, dan lain sebagainya. Anda bisa menambahkan makanan-makanan tersebut sebagai pendamping makan berat atau bisa mengonsumsinya sebagai camilan.

Perbanyak Protein

Cara menggemukkan badan secara alami lainnya adalah dengan memperbanyak protein dalam tubuh. Saat Anda mengonsumsi banyak protein, otot yang terbentuk pun lebih banyak. Berat badan bisa bertambah karena hal itu, bukan dari lemak berlebih yang menumpuk.

Baca Juga: Ingin gemuk? Makanan penambah berat badan inilah jawabannya

Style Craze mengatakan, berat badan bisa bertambah jika Anda mengonsumsi 1.5 g hingga 2.2 g protein tiap hari. Beberapa sumber makanan berprotein adalah lemak ikan, daging merah, telur, produk olahan susu atau dairy product, dan lain sebagainya.

Jangan Sampai Dehidrasi

Meski identik sebagai cara menurunkan berat badan, tapi minum banyak air putih juga bisa digunakan untuk menambah berat badan, lo. Beberap dokter mengatakan bahwa saat minum air putih lebih dari yang bisa dikeluarkan tubuh, air putih akan tersimpan dalam tubuh.

Hal itu menyebabkan berat badan bertambah dalam bentuk water weight. Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi smoothie yang mengandung protein.

Selanjutnya: 3 Cara menggemukkan badan, cepat dan aman

Editor: Belladina Biananda


Terbaru