Kecantikan & Kebugaran

3 Cara menggemukkan badan, cepat dan aman

Kamis, 24 September 2020 | 10:23 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara menggemukkan badan, cepat dan aman

ILUSTRASI. Cara menggemukkan badan diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang mengalami obesitas, tapi tak sedikit pula yang memiliki tubuh sangat kurus. Cara menggemukkan badan perlu dilakukan agar tidak membahayakan kesehatan. Sama seperti penderita obesitas, seseorang yang terlalu kurus memiliki resiko terkena penyakit.

Mengutip dari Healthline, pria dengan berat terlalu rendah memiliki resiko kematian dini sebanyak 140%, sedangkan wanita 100%. Di sisi lain, penderita obesitas mempunyai resiko kematian awal sebanyak 50%. Hal itu mengindikasi bahwa berat badan terlalu rendah berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain menyebabkan kematian dini, berat badan yang terlalu rendah juga meningkatkan resiko infeksi, penyakit alzheimer, osteoporosis, dan patah tulang, mengganggu sistem imun tubuh, serta menyebabkan masalah kesuburan.

Ada beberapa penyebab mengapa seseorang memiliki berat badan yang sangat rendah. Mulai dari kesalahan pola makan, masalah di bagian tiroid, kanker, diabetes, dan lain sebagainya. Selain perlu berkonsultasi pada dokter, Anda bisa mencoba cara menggemukkan badan berikut.

Baca Juga: Bantu diet, berikut daftar buah-buahan penurun berat badan

Konsumsi Lebih Banyak Kalori

Cara menggemukkan badan pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang bisa dibakar oleh tubuh. Healthline mengatakan, ada dua cara menambah berat badan, yaitu secara perlahan dan dengan cepat.

Jika Anda ingin menggemukkan badan secara perlahan, Anda bisa menambah 300 – 500 kalori setiap hari. Sedangkan untuk menambah berat badan dengan cepat, Anda bisa mengonsumsi 700 – 1000 kalori lebih banyak.

Perbanyak Protein

Selain menambah asupan kalori, meningkatkan jumlah protein juga penting untuk dilakukan setiap hari. Mengonsumsi protein berguna untuk membentuk massa otot. Jika Anda tak menambah asupan protein, kalori berlebih yang Anda konsumsi justru akan berubah menjadi lemak.

Namun, perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak mengonsumsi protein juga akan berpengaruh pada konsumsi kalori. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak protein, Anda menjadi merasa lebih kenyang sehingga tidak bisa makan lebih banyak kalori.

Baca Juga: Ingin gemuk? Makanan penambah berat badan inilah jawabannya

Anda bisa mengonsumsi 1.5 – 2.2 g protein untuk tiap kilogram berat badan. Beberapa sumber makanan dengan protein tinggi adalah daging, ikan, telur, produk olahan susu, dan lain sebagainya.

Tingkatkan Asupan Karbohidrat

Menambah karbohidrat bisa jadi cara menggemukkan badan.

Cara menggemukkan badan selanjutnya adalah dengan menambah asupan karbohidrat. Usahakan untuk makan minimal sebanyak tiga kali dalam sehari. Isi menu makan Anda dengan menu yang mengandung banyak karbohidrat, protein, dan lemak agar berat badan cepat naik.

Selanjutnya: Manfaat mengonsumsi susu penambah berat badan sebelum tidur

Editor: Belladina Biananda


Terbaru