kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara Mengatasi Uban Gampang dan Efektif, Rambut Kembali Hitam


Sabtu, 19 Februari 2022 / 07:08 WIB
4 Cara Mengatasi Uban Gampang dan Efektif, Rambut Kembali Hitam
ILUSTRASI. 4 Cara Mengatasi Uban Gampang dan Efektif, Rambut Kembali Hitam


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Uban merupakan rambut hitam yang berubah menjadi putih karena kehilangan warnanya. Jangan khawatir, terdapat beberapa cara efektif mengatasi uban serta bisa rambut bisa kembali hitam seperti semula jika dilakukan secara rutin.

Uban biasanya tumbuh seiring bertambahnya usia. Padahal, penyebab tumbuhnya uban bisa juga disebabkan oleh usia, genetik, kondisi kesehatan, merokok dan pengobatan. 

Uban tumbuh karena folikel rambut yang memproduksi warna rambut menjadi lebih sedikit. Lantas bagaimana cara mengatasi rambut yang mulai tumbuh uban? 

Baca Juga: 5 Penyebab Rambut Rontok, Wajib Tahu Sebelum Terjadi Kebotakan

Melansir dari Healthline, Anda bisa membantu menghilangkan uban secara alami dengan melakukan hal berikut ini: 

1. Gunakan Vitamin 

Menggunakan vitamin rambut merupakan salah satu cara menghindari uban sehingga warna rambut tetap terjaga. Pasalnya vitamin cukup berperan penting mempertahankan warna rambut asli. 

Vitamin yang baik untuk rambut di antaranya vitamin B, vitamin B12, vitamin E, vitamin D dan vitamin A. 

2. Berhenti Merokok 

Kebiasaan merokok dapat membuat kesehatan organ tubuh terganggu salah satunya warna rambut yang berkurang alias tumbuh uban. 

Berhenti merokok merupakan salah satu cara untuk mengatasi dan memperlambat tumbuhnya uban. Selain itu kesehatan organ tubuh lain menjadi lebih terjaga. 

3. Hindari Hal yang dapat Merusak Rambut

Rambut yang rusak bisa disebabkan oleh hal yang tidak kita sadari. Contohnya seperti mewarnai rambut, catokan, hairdryer, menyisir rambut saat masih juga dapat merusak rambut. 

Jika rambut sudah rusak akibatnya akan bercabang, rontok hingga tumbuh uban. Oleh karena itu hindari hal-hal tersebut atau setidaknya meminimalisir agar rambut tetap sehat dan terjaga. 

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Vertigo yang Perlu Anda Waspadai

4. Perawatan dengan Bahan Alami

Cara mengatasi uban lainnya adalah dengan rutin melakukan perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami yang baik untuk rambut. 

Contohnya seperti menggunakan jeruk nipis, minyak kelapa, atau ekstrak kelapa. Jika sering dirawat rambut akan sehat dan mudah diatur sehingga Anda bisa tampil lebih percaya diri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×