kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengatasi sakit leher yang bisa langsung dilakukan


Senin, 07 September 2020 / 08:33 WIB
4 Cara mengatasi sakit leher yang bisa langsung dilakukan
ILUSTRASI. Melakukan peregangan bisa jadi salah satu cara mengatasi sakit leher. Model : Handayani Reporter : Dini TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit leher disebabkan karena banyak hal. Mulai dari salah posisi tidur, postur tubuh yang kurang benar, stres, osteoarthtritis, dan lain sebagainya. Cara mengatasi sakit leher perlu segera dilakukan agar kegiatan Anda tak terganggu.

Mengutip dari Healthline, ada beberapa cara mengatasi sakit leher yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan obat dan melakukan beberapa peregangan atau latihan. Namun, jika sakit leher tak kunjung hilang, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

Kompres Panas atau Dingin

Cara mengatasi sakit leher bisa Anda lakukan menggunakan kompres dingin. Aplikasikan kompres dingin selama 20 menit di bagian leher yang sakit. Anda bisa mengkombinasikan kompres dingin dengan kompres panas. Mandi pakai air hangat juga bisa dijadikan alternatif lainnya.

Konsumsi Obat

Cara mengatasi sakit leher selanjutnya yang disebutkan Healthline adalah menggunakan obat yang dijual di apotek. Anda bisa mengonsumsi ibuprofen, naproxen sodium, atau acetaminophen. Perlu diingat bahwa obat-obat tersebut perlu dikonsumsi sesuai dengan dosisnya, ya.

Baca Juga: Radang tenggorokan mengganggu, ini ciri-ciri dan cara mencegahnya

Peregangan

Peregangan bisa dipakai sebagai cara mengatasi sakit leher. Peregangan perlu dilakukan secara lembut dan perlahan. Hindari melakukan gerakan yang tiba-tiba karena bisa menyebabkan inflamasi dan rasa sakit yang lebih parah.

Cara mengatasi sakit leher bisa Anda mulai dengan menggerakkan bahu ke depan dan ke belakang secara memutar lalu tekan pundak beberapa detik. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Anda juga dapat mengarahkan kepala ke kanan dan ke kiri secara perlahan.

Kurangi Stres

Stres dapat membuat otot leher menjadi tegang. Cara mengatasi sakit leher bisa dengan mengurangi stres yang Anda rasakan. Pengelolaan stres yang baik juga bisa menghindarkan Anda dari rasa sakit yang sama di kemudian hari.

Baca Juga: Anda menderita radang tenggorokan? Segera sembuhkan dengan cara ini

Ada banya cara mudah dan sederhana untuk mengurangi stres. Anda dapat mendengarkan musik, melakukan meditasi, jalan-jalan, atau melakukan hobi yang Anda senangi.

Agar tak mengalami sakit leher lagi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, Anda perlu mengatur posisi tidur yang benar dan rajin melakukan peregangan atau olahraga. Kedua, jangan mengemudikan kendaraan terlalu lama. Anda bisa beristirahat beberapa kali selama perjalanan.

Ketiga, gunakan ponsel atau laptop dengan posisi yang benar. Jangan menggunakan barang elektronik tersebut terlalu rendah sehingga membuat leher menjadi cepat lelah dan kaku. Mengatur tempat kerja dengan baik juga perlu dilakukan agar postur tubuh Anda benar.

Selanjutnya: Nyeri di belakang leher, benarkah tanda kolesterol tinggi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×