4 Cara mengatasi rambut bercabang pakai bahan alami

Senin, 05 Juli 2021 | 12:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi rambut bercabang pakai bahan alami

ILUSTRASI. Ada banyak cara mengatasi rambut bercabang yang bisa Anda coba. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak masalah rambut yang bisa Anda alami, salah satunya rambut bercabang. Meski tidak membahayakan kesehatan, kondisi itu bisa mengganggu penampilan. Ada beberapa cara mengatasi rambut bercabang yang bisa Anda coba.

Anda perlu memerhatikan beberapa faktor yang jadi penyebab rambut bercabang. Mulai dari penggunaan alat penata rambut bersuhu tinggi, cara menyisir rambut yang kurang benar, mengganti warna rambut, hingga menerapkan pola hidup yang kurang sehat.

Biasanya, rambut bercabang diatasi dengan memotong ujung rambut. Namun, masih ada cara lain yang bisa Anda jadikan pilihan, yakni memanfaatkan bahan alami. Namun, usahakan untuk melakukan uji coba dulu sebelum menggunakan bahan alami ini di seluruh rambut.

Alpukat, telur, minyak zaitun

Mengutip dari Byrdie, Anda perlu menggunakan masker rambut penuh nutrisi supaya rambut bercabang dapat teratasi. Cobalah untuk memakai masker yang terbuat dari satu alpukat, satu telur, dan beberapa tetes minyak zaitun.

Pertama-tama, tumbuk alpukat hingga halus lalu campur dengan telur dan minyak zaitun. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada rambut. Diamkan dulu selama 10 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Vitamin K, vitamin E, dan asam lemak dalam bahan-bahan tersebut akan menutrisi rambut secara optimal.

Baca Juga: 7 Bahan yang cocok jadi cara mengatasi rambut bercabang

Minyak ikan

Tahukah Anda kalau minyak ikan bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut bercabang? Asam lemak yang terdapat dalam minyak ikan mampu meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga rambut tumbuh lebih lebat dan kuat.

Minyak kelapa

Bahan alami lainnya yang direkomendasikan Byrdie untuk mengatasi rambut bercabang adalah minyak kelapa. Anda perlu mencuci rambut dengan sampo lalu mengeringkannya dengan handuk terlebih dahulu.

Setelah itu, aplikasikan minyak kelapa secukupnya pada rambut Anda. Ikat rambut ke atas lalu tutup dengan handuk atau shower cap selama 30 menit. Selanjutnya, bilas rambut sebanyak dua kali agar tak ada sisa minyak kelapa yang tertinggal.

Baca Juga: 4 Rekomendasi masker rambut alami, bahannya mudah didapat

Madu dan minyak zaitun

Cara mengatasi rambut bercabang berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengkombinasikan madu dan minyak zaitun. Bahan-bahan alami itu mampu melembabkan dan menutrisi rambut dengan maksimal.

Pertama-tama, campur 3 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu. Aduk rata lalu aplikasikan campuran itu pada rambut yang sudah dicuci dengan sampo. Diamkan dulu selama 20 hingga 30 menit lalu bilas rambut dengan sampo yang biasa Anda gunakan.

Selanjutnya: Inilah 4 rekomendasi vitamin rambut yang bisa Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru