kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Rekomendasi masker rambut alami, bahannya mudah didapat


Rabu, 17 Februari 2021 / 08:59 WIB
4 Rekomendasi masker rambut alami, bahannya mudah didapat
ILUSTRASI. Madu bisa dikombinasikan dengan bahan lain untuk diolah menjadi masker rambut alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang memiliki masalah rambutnya masing-masing. Mulai dari rambut kering atau berminyak, ketombe, rambut bercabang, dan lain sebagainya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal itu, salah satunya dengan masker rambut alami.

Sebenarnya, ada banyak masker rambut yang dijual di pasaran. Namun, karena terbuat dari bahan kimia, dikhawatirkan masalah rambut Anda justru semakin parah. Hal itu bisa Anda atasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Perlu diingat bahwa bahan-bahan alami berikut ini hanya mampu mengatasi masalah rambut yang tidak terlalu parah. Jika kondisi yang Anda alami jauh lebih serius, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Menguatkan Rambut

Jika Anda memiliki rambut yang rapuh, cobalah untuk menggunakan masker yang terbuat dari susu dan madu. Protein dan asam amino dalam susu serta kandungan dalam madu berguna untuk menguatkan rambut. Kombinasi bahan tersebut juga bisa memperbaiki tekstur rambut sehingga bisa lebih lembut.

Caranya, campur 1 sdm madu dengan segelas susu lalu gunakan setelah Anda mencuci rambut dengan sampo. Diamkan dulu selama 10 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Jika rambut Anda tipis, Byrdie (byrdie.com) merekomendasikan Anda untuk memakai susu skim.

Baca Juga: Catat, inilah 5 penyebab munculnya uban di usia muda

Melembabkan Rambut Kering

Masker rambut alami bisa dibuat dari pisang dan minyak zaitun.

Masker rambut alami selanjutnya bisa Anda buat dengan pisang dan minyak zaitun. Gabungan dua bahan alami tersebut mampu mengatasi rambut kering, menyeimbangkan pH kulit kepala, dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Anda hanya perlu mencampur sebuah pisang matang yang sudah dihancurkan dengan 1 sdm minyak zaitun. Gunakan campuran itu pada rambut yang sudah dibersihkan lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Mencegah Kerusakan Rambut

Supaya rambut tidak mudah rusak, cobalah untuk mengaplikasikan kuning telur pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut selama satu jam. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Kuning telur mengandung vitamin A, folat, dan vitamin E, yang mampu mencegah rambut rusak.

Baca Juga: 4 Bahan ini efektif sebagai perawatan rambut rontok

Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut bercabang biasanya disebabkan oleh alat penata rambut bersuhu tinggi atau polusi di sekitar Anda. Byrdie mengatakan, masalah tersebut bisa diatasi dengan masker rambut alami yang terbuat dari alpukat dan minyak zaitun.

Pertama, remukkan ½ buah alpukat lalu campur dengan ½ gelas minyak zaitun. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, gunakan masker itu pada rambut selama 30 menit. Protein, vitamin, dan mineral dari bahan alami itu akan memperbaiki kutikula rambut yang rusak.

Selanjutnya: Dari bahan alami, ini ​6 cara menghilangkan ketombe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×