4 Cara mengatasi bibir kering, efektif dan mudah dicoba

Rabu, 20 Januari 2021 | 08:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi bibir kering, efektif dan mudah dicoba

ILUSTRASI. Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang berguna sebagai cara mengatasi bibir kering.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kulit bibir merupakan salah satu kulit tertipis yang Anda miliki. Hal itu menyebabkan kondisinya menjadi lebih mudah kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan berbagai macam cara mengatasi bibir kering.

Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah dengan memerhatikan kelembaban bibir. Selain itu, hindari berbagai macam faktor yang bisa meningkatkan risiko bibir kering. Mulai dari paparan sinar matahari, udara kering, pola hidup yang kurang sehat, dan lain sebagainya.

Ada banyak produk perawatan bibir yang bisa Anda pilih. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami dan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Tujuannya agar kelembaban bibir bisa tetap terjaga.

Pakai Lip Balm

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada beberapa bahan dasar lip balm yang perlu Anda hindari karena justru bisa menyebabkan bibir semakin kering. Beberapa bahan yang dimaksud adalah mentol, fenol, dan kamper.

Alih-alih memilih lip balm berbahan dasar itu, Anda bisa memilih lip balm yang terbuat dari petroleum atau lanolin. Gunakan lip balm beberapa kali dalam sehari supaya kelembaban bibir tetap terjaga.

Baca Juga: Mudah dicoba, ini 4 cara membuat bibir merah alami

Gunakan Bahan Alami

Cara mengatasi bibir kering juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda. Salah satu bahan yang bisa Anda pakai adalah lidah buaya. Bahan alami tersebut mengandung vitamin, antioksidan, dan mineral yang berfungsi untuk menghidrasi bibir.

Selain lidah buaya, Anda juga bisa memakai madu karena bahan alami itu mengandung banyak pelembab alami. Antioksidan dan antibakteri yang terkandung dalam madu juga efektif mencegah infeksi saat bibir Anda benar-benar kering dan pecah-pecah.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok bisa jadi salah satu cara mengatasi bibir kering.

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya yang direkomendasikan Medical News Today adalah berhenti merokok. Kandungan dalam rokok mampu memperparah kondisi bibir sehingga mudah kering dan pecah-pecah. Rokok juga tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan sehingga perlu segera dihentikan.

Baca Juga: Cari cara mengatasi bibir kering? Pakai pelembab bibir dari bahan alami ini, yuk

Bersihkan Sel Kulit Mati

Supaya lip balm dan bahan-bahan alami bisa terserap bibir secara maksimal, jangan lupa untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk. Ada banyak jenis scrub yang bisa Anda beli supaya eksfoliasi berjalan dengan baik.

Jika ingin memanfaatkan bahan alami, Anda bisa menggunakan gula dan baking soda. Perlu diingat untuk menggosokkan scrub atau melakukan eksfoliasi dengan perlahan supaya tidak melukai bibir Anda dan iritasi pun bisa dicegah.

Selanjutnya: Cari cara agar bibir tidak hitam? 5 bahan alami ini jawabannya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru