Kesehatan Umum

4 Cara mendapatkan kolesterol normal

Kamis, 27 Agustus 2020 | 10:26 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara mendapatkan kolesterol normal

ILUSTRASI. Kolesterol normal bisa didapat dengan rajin olahraga. REUTERS/Hamad I Mohammed

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah koletserol tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan serangan jantung. Resiko tersebut bisa dihindari jika Anda memiliki jumlah kolesterol normal. Tak hanya dengan perawatan medis, mengubah pola hidup juga bisa dipakai untuk mendapat hal tersebut.

Mengutip dari Mayo Clinic, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memiliki koletserol normal. Bila Anda sudah mendapat pengobatan koleterol, cara-cara berikut dapat digunakan untuk memaksimalkan obat yang Anda konsumsi.

Baca Juga: 3 Tanaman hidroponik yang layak Anda coba

Konsumsi Makanan Sehat untuk Jantung

Kolesterol normal dan jantung yang sehat bisa didapat dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Menghindari makanan yang kaya akan lemak jenuh, seperti produk olahan susu dan daging merah, dapat membuat jumlah kolesterol menurun.

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 memang tidak berpengaruh pada jumlah kolesterol, tapi makanan ini akan menyehatkan jantung, termasuk menurunkan tekanan darah. Asam lemak omega-3 bisa didapat di ikan salmon, mackerel, walnuts, dan lain-lain.

Kolesterol normal juga bisa didapat dengan mengonsumsi makanan berserat. Oatmeal, apel, dan buah pear, dan jenis makanan berserat lain bisa mencegah penyerapan kolesterol ke aliran darah.

Olahraga

Kolesterol normal bisa Anda dapat dengan rajin olahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Mayo Clinic menyarankan agar Anda olahraga minimal 30 menit selama lima kali dalam seminggu. Namun, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu, ya.

Selain olahraga, Anda bisa menambah aktivitas fisik lainnya agar kolesterol normal. Alih-alih menggunakan lift, Anda bisa naik-turun kantor menggunakan tangga. Anda juga bisa menggunakan sepeda saat bepergian. Mencari teman olahraga juga disarankan agar Anda tetap termotivasi.

Baca Juga: Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui

Berhenti Merokok

Mayo Clinic menyebutkan bahwa berhenti merokok bisa meningkatkan jumlah kolesterol HDL. Selain membuat kolesterol normal, tekanan darah dan detak jantung kembali normal setelah 20 menit berhenti merokok.

Setelah tiga bulan berhenti merokok, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru akan membaik. Tak hanya itu, resiko penyakit jantung juga menurun setelah satu tahun berhenti merokok.

Turunkan Berat Badan

Berat badan berlebih berkontribusi pada peningkatan jumlah kolesterol tinggi. Anda perlu mengatur berat badan agar bisa mendapat kolesterol normal. Caranya, batasi konsumsi minuman dan makanan manis, tingkatkan aktivitas fisik, dan konsumsi makanan bergizi.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru