4 Cara mencegah virus corona ini tidak boleh Anda lupakan

Senin, 22 Februari 2021 | 13:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mencegah virus corona ini tidak boleh Anda lupakan

ILUSTRASI. Memakai masker adalah salah satu cara mencegah virus corona yang perlu Anda lakukan. REUTERS/Brendan McDermid

KONTAN.CO.ID - Meski vaksin Covid-19 sudah disuntikan ke banyak orang, cara mencegah virus corona tetap tidak boleh Anda lupakan. Anda tetap perlu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Usahakan untuk tetap membatasi kegiatan di luar rumah. Jika Anda terpaksa melakukan kegiatan di luar rumah, jangan lupa untuk menjaga jarak dengan orang lain dan memakai masker dengan cara yang benar.

Selain itu, rajin cuci tangan memakai sabun dan air mengalir. Jika mencuci tangan dengan sabun dan air tidak memungkinakan, Anda bisa menggantinya dengan hand sanitizer.

Pastikan pula untuk tidak terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan, apalagi jika Anda belum mencucinya. Risiko virus corona masuk ke tubuh Anda semakin meningkat karena kebiasaan itu.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak hal lain yang bisa Anda lakukan sebagai pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Gejala virus corona ini tidak diketahui oleh banyak orang

Hindari jabat tangan dan berpelukan

Menjabat tangan dan berpelukan dengan orang lain, apalagi sahabat dan anggota keluarga, memang hal yang membahagiakan. Namun, hal itu cukup berisiko untuk dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin

Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin jadi salah satu cara mencegah Virus Corona.

Mengutip dari Healthline, virus corona ditemukan paling banyak di hidung dan mulut. Maka dari itu, Anda perlu menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin.

Anda bisa memakai tisu atau siku tangan bagian dalam. Setelah itu, jangan lupa untuk cuci tangan, ya.

Baca Juga: Selama ada corona, sediakan 4 alat kesehatan di rumah

Hindari kerumunan orang

Cara mencegah virus corona yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghindari kerumunan di tempat umum. Akan lebih baik jika Anda tidak berkumpul dengan banyak orang di kafe, restoran, kedai kopi, atau bar.

Apalagi, jika tempat-tepat itu memiliki ventilasi udara yang buruk karena akan meningkatkan transmisi virus.

Pakai disinfektan

Selain menjaga kebersihan diri, cara mencegah virus corona juga bisa Anda lakukan dengan membersihkan permukaan benda di sekitar Anda. Anda bisa memakai disinfektan untuk membunuh virus atau jenis kuman yang lain.

Jika Anda ingin membuat disinfektan sendiri, Healthline mengatakan, untuk membuatnya dengan cuka dan hidrogen peroksida sesuai dengan anjuran WHO. Beberapa benda yang perlu sering Anda bersihkan adalah handphone, laptop, atau belanjaan yang baru saja Anda beli.

Selanjutnya: 10 Cara agar tidak tertular virus corona

Editor: Belladina Biananda


Terbaru