kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Cara agar tidak tertular virus corona


Sabtu, 20 Februari 2021 / 16:20 WIB
10 Cara agar tidak tertular virus corona


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Pandemi virus corona belum usai. Jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia masih terus bertambah setiap hari di berbagai daerah. 

Pemerintah terus berupaya untuk melakukan upaya testing dan tracing sebagai bagian proses penyelidikan epidemiologi dan pelacakan kontak untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Salah satunya dengan menetapkan penggunaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen sebagai salah satu metode dalam pelacakan kontak, penegakan diagnosis, dan skrining Covid-19 dalam kondisi tertentu. 

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mencegah tertular virus corona? 

Baca Juga: Johnson & Johnson meminta AS untuk menyetujui suntikan vaksin COVID-19 dosis tunggal

10 cara efektif mencegah virus corona 

Melansir laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC), berikut adalah cara yang efektif untuk mencegah penularan virus corona:

1. Tinggal di rumah 

Anda harus membatasi aktivitas di luar rumah, kecuali untuk memperoleh layanan kesehatan. 

Selain itu, disarankan untuk tidak pergi bekerja, ke sekolah, atau mengunjungi tempat-tempat publik. Hindari menggunakan transportasi publik, berbagi kendaraan, atau taksi. 

2. Menggunakan masker 

Gunakan masker saat berada di sekitar orang lain, binatang peliharaan, atau jika akan tempat publik. Jika Anda tidak dapat menggunakan masker, orang yang tinggal bersama Anda tidak diperbolehkan untuk berada dalam ruangan yang sama. 

Atau sebaliknya, orang tersebut harus menggunakan masker ketika masuk ke ruangan Anda.

Baca Juga: Satgas Covid-19 mengajak masyarakat awasi kinerja Posko Desa

3. Sering mencuci tangan 

Cuci tangan lebih sering dengan menggunakan sabun dan air setidaknya 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, cucilah tangan dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol.

4. Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh

Permukaan benda yang seringkali disentuh, termasuk meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, tablet, hingga tempat tidur.  Selain itu, bersihkan pula semua permukaan yang mungkin tersentuh darah, feses, atau cairan tubuh.

Gunakan semprotan pembersih dan lakukan pembersihan sesuai instruksi atau petunjuk yang tertera. Misalnya, prosedur pemakaian sarung tangan hingga ventilasi yang cukup saat penggunaan semprotan pembersih.

Baca Juga: WHO: Kabar gembira, jumlah kasus baru virus corona global menurun




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×