4 Cara membersihkan telinga, bisa pakai bahan alami, lo

Rabu, 02 Juni 2021 | 11:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara membersihkan telinga, bisa pakai bahan alami, lo

ILUSTRASI. Cara membersihkan telinga bisa Anda lakukan, tapi tetap dengan pengawasan dokter. REUTERS/Damir Sagolj

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beberapa kasus di mana kotoran yang terdapat dalam lubang telinga sulit dikeluarkan. Jika Anda mengalami hal itu, cara membersihkan telinga yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan bahan alami.

Namun, perlu diperhatikan bahwa frekuensi membersihkan telinga tidak boleh terlalu sering. Hal itu justru bisa membuat lubang telinga kering sehingga kondisi kesehatan telinga terganggu. Selain itu, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter.

Jika kotoran telinga sudah Anda bersihkan, tapi kondisi telinga tetap terasa tak nyaman, bisa jadi ada masalah kesehatan yang Anda alami. Untuk mencegah hal itu, cobalah beberapa cara berikut ini.

Hidrogen Peroksida

Mengutip dari Reader’s Digest Canada (readersdigest.ca), hidrogen peroksida bisa jadi salah satu obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran. Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Pertama, aplikasikan beberapa tetes hidrogen peroksida dalam suhu hangat di lubang telinga yang tersumbat.

Setelah itu, diamkan dulu selama tiga menit lalu keluarkan cairan itu hingga kering. Selanjutnya, beri beberapa tetes air hangat pada lubang telinga yang sama lalu keluarkan air hangat itu hingga bersih.

Baca Juga: Cari obat tetes telinga? 4 Bahan alami ini bisa jadi jawabannya

Minyak Zaitun

Salah satu cara membersihkan telinga adalah dengan minyak zaitun.

Jika Anda mencari cara membersihkan telinga, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami, seperti minyak zaitun. Sebelum tidur di malam hari, aplikasikan tiga hingga empat tetes minyak zaitun pada lubang telinga yang bermasalah. Jangan lupa untuk menutupnya dengan kain wol agar minyak zaitun tidak mengotori bantal.

Batasi Konsumsi Makanan Berlemak

Cara membersihkan telinga lainnya yang direkomendasikan Reader’s Digest Canada adalah dengan membatasi konsumsi makanan berlemak. Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak terhidrogenasi dipercaya dapat menstimulasi tubuh memproduksi lebih banyak kotoran telinga.

Beberapa jenis makanan yang mengandung jenis lemak tersebut adalah produk olahan susu, makanan ringan yang dipanggang, atau makanan olahan yang lain. Jika Anda memang ingin mengonsumsi jenis makanan itu, usahakan untuk mengonsumsinya dalam jumlah kecil.

Baca Juga: 4 Bahan alami untuk obat tetes telinga

Hair Dryer

Tahukah Anda bahwa hair dryer bisa digunakan sebagai alat pembersih telinga? Hair dryer lebih cocok digunakan untuk membersihkan telinga yang terganggu setelah Anda mandi atau berenang. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah.

Pertama, miringkan kepala supaya air dalam lubang telinga bisa lebih mudah kering. Setelah itu, arahkan hair dryer pada lubang telinga dengan suhu yang paling rendah. Pastikan untuk menempatkan hair dryer 30 cm dari telinga, ya.

Selanjutnya: Terbuat dari bahan-bahan alami, berikut 4 rekomedasi obat tetes telinga

Editor: Belladina Biananda
Terbaru