Kecantikan & Kebugaran

4 Cara diet yang benar ini bisa menurunkan berat badan, lo

Selasa, 20 Juli 2021 | 11:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara diet yang benar ini bisa menurunkan berat badan, lo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak program diet yang bisa Anda ikuti. Namun, cara diet yang benar perlu Anda praktikkan supaya berat badan ideal bisa Anda dapat. Jika diet dilakukan dengan cara yang kurang tepat, bukan tidak mungkin berat badan kembali naik.

Agar Anda bisa mendapat hasil yang memuaskan, cara menurunkan berat badan perlu Anda lakukan secara rutin dan disiplin. Mulai dari rajin olahraga, mengatur makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari, dan lain sebagainya.

Beberapa cara dalam artikel ini dapat Anda jadikan pilihan. Supaya Anda merasa lebih yakin terhadap program diet yang Anda jalankan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Nantinya, dokter bisa membantu Anda menentukan cara diet mana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Batasi Konsumsi Gula dan Karbo

Mengutip dari Insider (insider.com), Anda perlu membatasi konsumsi gula dan beberapa jenis karbo. Misalnya, karbo yang ada di makanan olahan. Jenis karbo itu mudah terserap tubuh sehingga Anda menjadi lebih mudah merasa lapar.

Baca Juga: Inilah 4 cara menghilangkan lemak di perut, apa saja?

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Cara diet yang benar selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran. Mayoritas sayuran memiliki kandungan kalori yang sedikit dan mengandung banyak serat. Saat Anda mengonsumsi jenis makanan itu, Anda tidak akan mudah lapar dan jumlah gula darah pun tidak melonjak.

Tidak berhenti sampai di situ, sayuran juga memiliki segudang vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ada banyak jenis sayuran yang bisa Anda coba, seperti selada, bayam, dan lain-lain.

Batasi Konsumsi Lemak

Membatasi konsumsi lemak jenuh termasuk salah satu cara diet yang benar. Selain berpengaruh pada berat badan, membatasi konsumsi lemak jenuh juga baik untuk kesehatan Anda, lo. Misalnya, jumlah kolesterol, tekanan darah tinggi, dan risiko penyakit jantung dapat berkurang.

Baca Juga: 4 tips diet sehat ini mudah dipraktikkan, apa saja?

Kelola Stres

Mengelola stres dengan baik termasuk salah satu cara diet yang benar.

Supaya berat badan bisa turun, Insider merekomendasikan Anda untuk mengelola stres dengan baik. Stres berpengaruh pada keseimbangan hormon dalam tubuh yang mana memengaruhi Anda untuk terus ingin makan.

Akibatnya, tubuh Anda mengalami surplus kalori sehingga berat badan Anda pun sulit turun. Cobalah untuk melakukan meditasi, olahraga, atau mencoba kegiatan yang lain supaya stres dapat berkurang. Jika memang diperlukan, Anda bisa menghubungi dokter.

Selanjutnya: Cara menurunkan berat badan dengan konsumsi kentang

Editor: Belladina Biananda
Terbaru