Kecantikan & Kebugaran

4 tips diet sehat ini mudah dipraktikkan, apa saja?

Senin, 19 Juli 2021 | 09:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 tips diet sehat ini mudah dipraktikkan, apa saja?

ILUSTRASI. Ada banyak tips diet sehat yang bisa Anda jadikan pilihan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak tips diet sehat yang bisa Anda jadikan pilihan. Tentu saja Anda perlu menerapkannya secara disiplin supaya target berat badan bisa Anda dapatkan. Jangan khawatir, beberapa cara menurunkan berat badan dalam artikel ini cukup mudah untuk dicoba.

Biasanya, program diet berfokus pada perhitungan kalori yang Anda konsumsi. Hal itu tidak salah. Namun, masih banyak hal lain yang perlu Anda lakukan agar berat badan Anda berkurang. Misalnya, memperbanyak asupan serat, menghindari jenis makanan atau minuman tertentu, dan lain-lain.

Nah, beberapa hal ini bisa Anda praktikkan. Namun, jangan lupa untuk mendiskusikannya dulu bersama dokter, ya. Terlebih jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus. Dengan pengawasan dokter, beberapa cara ini bisa memberikan manfaat yang optimal.

Hindari Konsumsi Bir

Mengutip dari Dietdoctor.com, kandungan dalam bir mampu menurunkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Alih-alih mengonsumsi bir, pilihlah minuman beralkohol lain yang lebih cocok dikonsumsi selama program diet, misalnya wine atau dry champagne.

Baca Juga: 5 Cara diet sehat ini bisa jadi penurun berat badan

Kelola Stres

Tips diet sehat selanjutnya yang perlu Anda coba adalah mengelola stres dengan baik. Stres berpengaruh pada jumlah hormon kortisol yang semakin banyak. Apalagi jika stres juga dibarengi dengan jadwal tidur yang berantakan.

Ketika jumlah hormon kortisol meningkat, rasa lapar pun bertambah. Hal itulah yang dapat memicu Anda untuk mengonsumsi kalori berlebih sehingga berat badan naik. Jika memang diperlukan, cobalah untuk melakukan konsultasi dengan dokter supaya gangguan tidur dan stres dapat teratasi.

Jangan Makan Terlalu Banyak Buah

Tidak mengonsumsi buah secara berlebihan termasuk salah satu tips diet sehat.

Tips diet sehat lainnya adalah dengan memerhatikan porsi buah-buahan yang Anda konsumsi. Serat, vitamin, antioksidan, serta kandungan lain dalam buah memang baik untuk tubuh. Namun, jangan lupa bahwa buah juga mengandung gula. Jadi, sebaiknya atur konsumsi buah selama diet, ya.

Baca Juga: Mengenal Kalori Defisit dan Tips Mudahnya

Perhatikan Konsumsi Produk Olahan Susu

Produk olahan susu memang mengandung sedikit karbo sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, berat badan sulit turun jika Anda terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu. 

Dietdoctor.com mengatakan bahwa kandungan dalam jenis makanan itu mampu memperlambat proses penurunan berat badan. Selain produk olahan susu, konsumsi kacang-kacangan juga perlu Anda kurangi supaya berat badan ideal bisa segera Anda dapatkan.

Selanjutnya: 5 Cara menurunkan berat badan secara alami, coba yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru