HOME

4 Cara diet alami ini efektif turunkan berat badan

Kamis, 01 Oktober 2020 | 08:05 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara diet alami ini efektif turunkan berat badan

ILUSTRASI. Konsumsi buah dan sayur bisa jadi cara diet alami. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sedang berusaha menurunkan berat badan? Jika iya, maka cara diet alami ini bisa Anda coba. Tak hanya mampu membuat berat badan turun, cara-cara di bawah ini juga bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan sehingga mengurangi resiko terken penyakit.

Jangan Lewatkan Sarapan

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa cara menurunkan berat badan adalah dengan tidak makan, salah satunya melewatkan sarapan. Hal tersebut sebenarnya kurang benar. Sarapan tetap perlu dilakukan agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

NHS mengatakan, melewatkan sarapan justru membuat berat badan sulit turun. Perut akan terasa mudah lapar sehingga membuat Anda makan lebih banyak.

Selain itu, pastikan untuk makan di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini membuat metabolisme tubuh lebih lancar. Keinginan untuk mengonsumsi lemak dan gula juga akan berkurang.

Baca Juga: 3 Tips diet supaya berat badan berhasil turun

Konsumsi Buah dan Sayur

Cara diet alami jauh dari kata sukses jika Anda tak rutin mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung banyak serat dan sedikit kalori serta lemak sehingga bisa menurunkan berat badan. Tak hanya itu, buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Rutin Olahraga

Melakukan olahraga yang Anda sukai bisa jadi cara diet alami.

Proses menurunkan berat badan akan lebih sukses jika Anda olahraga secara rutin. Mengutip dari NHS, olahraga mampu membantu tubuh membakar kalori berlebih yang tak bisa hilang hanya dari mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Olahraga juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, cukup banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari melakukan aktivitas ini.

Anda bisa memilih jenis olahraga apapun yang Anda sukai. Agar kegiatan ini bisa Anda lakukan dalam jangka waktu lama, tak ada salahnya mengajak teman atau keluarga untuk olahraga bersama.

Baca Juga: Diet tanpa nasi, manfaat dan risiko yang perlu Anda tahu

Banyak Minum Air Putih

Lapar yang Anda rasakan tak selalu jadi penanda bahwa Anda butuh makan, lo. Bisa saja perasaan itu menjadi tanda bahwa tubuh perlu diisi cairan.

Saat rasa lapar melanda, Anda bisa mengatasinya dengan minum air putih. Jika setelah beberapa saat rasa lapar tak kunjung hilang dan belum saatnya makan besar, Anda bisa mengonsumsi camilan sehat terlebih dahulu.

Selanjutnya: Cara mengecilkan lengan bisa dilakukan dengan 5 tips ini

Editor: Belladina Biananda


Terbaru