4 Cara Alami Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat, Bisa Anda Coba

Senin, 16 Mei 2022 | 13:00 WIB Sumber: Kompas.com
4 Cara Alami Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat, Bisa Anda Coba

ILUSTRASI. Begini cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.


KONTAN.CO.ID - Kolesterol dan asam urat merupakan dua penyakit yang sering orang keluhkan, baik yang berusia tua maupun muda. Begini cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

Mengutip Healthline, asam urat terjadi lantaran ada penumpukan asam urat di bagian persendian sehingga menyebabkan peradangan yang disertai dengan rasa nyeri. 

Sebaliknya, kolesterol yang tinggi terjadi karena penumpukan zat berbasis lemak yang tidak larut dalam darah. Penumpukan kolesterol yang dibiarkan bisa berakibat pada penurunan kesehatan jantung hingga stroke. 

Beberapa dari gejala asam urat dan kolesterol yang tinggi dapat ditandai dengan rasa nyeri dalam tubuh. Kendati demikian, beberapa bahan alami bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat untuk tubuh. 

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi, Kenali biar Makin Waspada Diabetes

Cara alami untuk menurunkan kolesterol 

Terdapat beberapa cara untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebagai contoh, penderita bisa memperbaiki pola makan dan rajin berolahraga secara teratur. 

Selain itu, cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi beberapa bahan alami. Berikut beberapa bahan alami untuk menurunkan kolesterol tinggi: 

1. Bawang putih 

Dilansir dari Healthline, penelitian menunjukkan, mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. 

Pasalnya, bawang putih dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis yang menyebabkan kolesterol tinggi. 

Selain kadar kolesterol dalam darah, mengonsumsi bawang putih juga bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung atau dalam bentuk suplemen, seperti kapsul dan tablet.

Baca Juga: Cocok bagi Penderita Diabetes, 4 Sayur Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah

2. Kacang hijau 

Makanan berupa kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sebanyak 26 penelitian menemukan, mengonsumsi satu porsi kacang hijau secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Penelitian tersebut dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Hasil penelitian itu menunjukkan, kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

3. Ikan 

Ikan merupakan makanan rendah lemak jenuh yang cocok untuk dikonsumsi saat mengontrol kadar kolesterol. Ikan kerap dikonsumsi bagi penderita kolesterol yang sedang melakukan diet. 

Soalnya, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan kolesterol tinggi. 

American Heart Association (AHA) merekomendasikan, agar penderita kolesterol tinggi mengonsumsi ikan untuk menurunkan kolesterol. 

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Salam, Menurunkan Kolesterol!

4. Ramuan alami 

Dilansir dari Kontan.co.id, ada beberapa ramuan alami yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Ramuan alami tersebut berdasarkan rekomendasi buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W. 

Berikut beberapa ramuan alami untuk menurunkan kolesterol tinggi: 

  • Lemon dan bawang putih 
  • Jahe dengan bawang putih 
  • Jahe dengan madu 
  • Wedang uwuh 
  • Sereh, jahe, dan gula merah 

Beberapa ramuan tersebut bisa dikonsumsi secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kabar baiknya, mengonsumsi minuman herbal sesuai takaran tidak memicu efek samping. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Cocok untuk Penderita Diabetes

Cara alami untuk menurunkan asam urat 

Tak hanya kolesterol, penyakit asam urat yang kerap menyerang area persendian juga dapat diatasi dengan mengonsumsi bahan alami. Berikut beberapa bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan asam urat: 

1. Jahe 

Jahe merupakan rempah yang kerap diresepkan untuk peradangan, termasuk peradangan persendian. Dikutip dari Health Line, studi mencatat bahwa jahe dapat mengurangi rasa sakit akibat dengan asam urat. 

Sebuah studi yang dilakukan pada subjek hewan tikus juga menunjukkan penurunan kadar asam urat yang tinggi ketika subjek tersebut diberi ramuan jahe. 

2. Minum air putih 

Menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih secara cukup dapat membantu menjaga kondisi ginjal sehingga mengurangi penumpukan kristal asam urat. 

Pastikan tubuh terhidrasi oleh air putih sehingga dapat membantu mencegah terjadinya asam urat. Kendati demikian, belum ada penelitian yang menunjukkan, mengonsumsi ai putih dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Baca Juga: 5 Minuman Perontok Asam Urat Tinggi yang Mudah Dibuat Sendiri

3. Buah ceri 

Melansir Very Well Health, ceri merupakan bahan alami yang populer untuk menurunkan asam urat dalam tubuh. Biasanya, jumlah yang direkomendasikan adalah setengah cangkir dan satu pon ceri per hari. 

Cara mengonsumsi buah ceri dapat diolah dengan membuah jus atau ekstrak buah ceri yang dijual di pasaran. 

Sebuah penelitian menunjukkan, sepuluh wanita yang mengonsumsi dua porsi (280 gram) ceri mengalami penurunan kadar asam urat setelah tiga jam. 

4. Rempah alami 

Disadur dari Kontan.co.id, sebuah buku berjudul Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat karya dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian Dalimartha, BMedSc, mencatat beberapa rempah alami yang mudah ditemukan di Indonesia yang berkhasiat untuk menurunkan asam urat dalam tubuh. 

Berikut daftar rempah alami itu: 

  • Kayu manis 
  • Kunyit 
  • Bawang putih 
  • Merica 
  • Daun salam 
  • Kapulaga 
  • Jahe 

Itulah beberapa cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahan Alami untuk Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Tinggi"

Penulis: Alinda Hardiantoro
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru