4 Bahaya begadang ini wajib Anda waspadai, apa saja?

Kamis, 25 November 2021 | 11:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahaya begadang ini wajib Anda waspadai, apa saja?

ILUSTRASI. Bahaya begadang ada beragam dan Anda perlu mewaspadainya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidur larut malam hingga mengganggu waktu istirahat Anda bisa mengganggu kesehatan Anda, lho. Bahaya begadang perlu selalu Anda waspadai supaya kesehatan tubuh Anda tidak terganggu. Dengan begitu, Anda bisa terus melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik.

Salah satu dampak buruk terlalu sering begadang adalah tekanan darah Anda menjadi tinggi. Hal itu bisa semakin parah ketika Anda jarang olahraga dan tidak mengelola stres dengan tepat. Jika dibiarkan, tekanan darah tinggi berakibat buruk untuk kesehatan jantung dan tubuh secara menyeluruh.

Selain meningkatkan tekanan darah tinggi, masih banyak dampak buruk lain yang bisa Anda rasakan ketika tidur terlalu malam. Jika Anda merasa kesulitan untuk terlelap di malam hari, tak ada salahnya mengunjungi dokter supaya bahaya-bahaya di bawah ini dapat Anda hindari.

Berat Badan Bertambah

Memiliki berat badan ideal adalah salah satu hal yang baik untuk Anda punya. Selain bagus untuk penampilan, memiliki berat badan ideal juga bisa menurunkan risiko berbagai jenis penyakit. Sayangnya, Health (health.com) mengatakan bahwa begadang bisa membuat berat badan Anda bertambah.

Salah satu kebiasaan yang biasanya menyertai begadang adalah banyak makan. Nah, hal itulah yang membuat berat badan bertambah karena tubuh merasa kesulitan untuk mencerna makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Ini 5 cara mengatasi insomnia secara alami

Kualitas Tidur Berkurang

Tubuh perlu istirahat di malam hari untuk mengembalikan fungsinya supaya bisa digunakan lagi keesokan hari. Saat Anda begadang, waktu dan kualitas tidur Anda bisa terganggu. Ketika hal itu terjadi, tentu saja tubuh tak memiliki waktu optimal untuk menjaga kondisinya.

Baca Juga: Ini dia bahaya kebiasaan begadang yang mengintai para pelajar

Mengganggu Performa Sehari-Hari

Melansir Health, remaja yang sering begadang memiliki performa di sekolah yang lebih rendah daripada remaja lain yang tidur lebih awal di malam hari. Ada banyak alasan mengapa remaja sering merasa kesulitan untuk tidur di malam hari.

Salah satu faktor yang paling umum terjadi adalah perubahan hormon saat remaja. Jika anak Anda mengalami hal itu, jangan ragu untuk membicarakan kondisinya ke dokter, ya. Dengan begitu, risiko bahaya begadang yang lebih parah bisa berkurang.

Memicu Depresi

Salah satu bahaya begadang adalah memicu depresi.

Dampak buruk lain yang bisa Anda alami karena terlalu sering tidur larut malam adalah depresi. Saat kurang tidur, mood atau perasaan Anda cenderung menjadi lebih buruk. Jika dibiarkan, hal itulah yang dapat memicu depresi dan masalah lain pada kesehatan jiwa Anda.

Selanjutnya: Punya catatan kejahatan perang, putra Muammar Khadafi gagal jadi presiden Libya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru