kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Bahan ini bisa jadi cara menghilangkan sakit gigi


Kamis, 15 Juli 2021 / 08:40 WIB
4 Bahan ini bisa jadi cara menghilangkan sakit gigi
ILUSTRASI. Ada beberapa bahan alami di sekitar Anda yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sering mengalami sakit gigi? Tentu saja Anda perlu mengunjungi dokter supaya masalah itu bisa teratasi dengan baik. Namun, jika Anda belum sempat melakukannya, ada banyak cara menghilangkan sakit gigi yang bisa Anda coba di rumah.

Berbagai macam faktor bisa jadi penyebab sakit gigi. Mulai dari pembusukan gigi, sisa makanan dan minuman yang menempel di sela-sela gigi, atau jenis infeksi yang lain. jika tidak segera diatasi, tentu saja sakit gigi bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.

Perlu diingat lagi jika cara-cara di bawah ini hanya bersifat sementara, ya. Segera periksakan diri ke dokter, apalagi jika Anda mengalami gejala lain yang lebih parah. Mulai dari gusi bengkak dan berwarna merah, demam, gusi berdarah atau mengeluarkan nanah, dan lain-lain.

Garam

Gentle Dental (interdent.com) merekomendasikan garam untuk menyembuhkan sakit gigi. Selain itu, berkumur dengan air garam juga efektif meredakan inflamasi atau peradangan dan mengobati luka dalam mulut. Pastikan untuk tidak menelan air garam supaya tak ada efek samping yang muncul.

Baca Juga: Cari cara memutihkan gigi alami? Pakai 4 bahan ini, yuk

Bawang Putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi adalah bawang putih. Biasanya, sakit gigi muncul akibat infeksi bakteri. Nah, kandungan dalam bawang putih bisa melawan infeksi itu.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memanfaatkan bawang putih. Pertama, Anda bisa mengunyah bawang putih secara langsung. Kedua, Anda perlu menumbuk bawang putih hingga halus terlebih dahulu. Selanjutnya, aplikasikan hasil tumbukan itu pada bagian gigi yang terasa sakit.

Daun Jambu Biji

Salah satu cara menghilangkan sakit gigi adalah dengan memakai daun jambu biji.

Daun jambu biji juga bisa jadi obat sakit gigi, lo. Antiinflamasi dan antimikroba yang terkandung dalam bahan alami itu efektif meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit. Anda bisa mengunyah daun jambu biji secara langsung atau merebusnya terlebih dahulu. Pakai air rebusan daun jambu biji sebagai obat kumur.

Baca Juga: 4 Bahan yang bisa dipakai sebagai cara memutihkan gigi alami

Kompres Dingin

Cara menghilangkan sakit gigi selanjutnya yang direkomendasikan Gentle Care adalah dengan menggunakan kompres dingin. Tujuan menggunakan kompres dingin adalah mengurangi inflamasi sehingga rasa sakit pun berkurang.

Pertama, masukkan sayuran dingin dalam kantung plastik lalu balut dengan handuk bersih. Tempatkan sayuran dalam kantung plastik itu pada bagian wajah di mana gigi terasa sakit. Lakukan cara tersebut selama 20 menit supaya sakit gigi bisa hilang dengan lebih cepat.

Selanjutnya: Mudah dicari, ini rekomendasi 5 obat herbal sakit gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×