kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -928,35   -100.00%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Sariawan


Kamis, 14 Juli 2022 / 19:11 WIB
4 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Sariawan
ILUSTRASI. Yogurt membantu mengobati sariawan.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sariawan menimbulkan rasa nyeri dan menganggu. Ini 4 bahan alami yang efektif mengobati sariawan. 

Sariwan, penyakit yang umum diderita masyarakat. 

Baca Juga: Selain Menurunkan Kolesterol, Ini 5 Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Mengutip dari Kompas.com, Todd Coy, dokter gigi menyebutkan penyebab sariawan  sulit ditentukan. Namun, sariawan sering kali muncul karena stres. 

Selain itu, sariawan muncul karena efek cedera mulut. Dan perlu Anda ketahui, buah dan sayuran yang asam seperti lemon, jeruk, nanas, stroberi juga bisa memicu munculnya atau memperburuk sariawan. 

Umumnya, sariawan bisa sembuh atau hilang sendiri dalam waktu satu minggu. Namun, saat sariawan membuat Anda kesulitan berbicara dan makan sebaiknya segera mencari obat sariawan. 

Obat sariawan kimia cukup mudah ditemukan di apotek karena dijual secara bebas. Namun, untuk Anda yang enggan menggunakan obat kimia bisa menggunakan obat alami. 

Berikut obat sariawan alami yang bisa Anda coba. 

1. Air garam 

Coy mengatakan air garam yang pekan bisa meredakan sariawan. Asal tahu saja, air garam yang pekat bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan yang akibat sariawan. 

Untuk merasakan manfaatnya Anda cukup campurkan satu sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat. Anda aduk sampai rata lalu gunakan untuk berkumur.  

2. Madu 

Madu dikenal memiliki banyak manfaat. Madu bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, peradangan, dan mengecilkan ukuran sariawan. 

Untuk mendapatkan manfaatnuya Anda cukup mengoleskan madu pada area sariawan sebanyak empat kali sehari. 

3. Lidah buaya 

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan melembabkan kulit. Lidah buaya juga bisa meredakan sariawan. 

Asal tahu saja, lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan penenang. Hal inilah yang membuat lidah buaya bisa meringankan dan menutup luka. 

Cara mengobati sariawan menggunakan lidah buaya cukup mudah, Anda cukup oleskan gel lidah buaya ke area sariawan dan biarkan selama 20 menit. 

Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air hangat sampai bersih. 

4. Yogurt 

Yogurt mengandung probiotik yang efektif untuk mengobati dan mencegah sariawan. Anda cukup mengonsumsi yogurt secara langsung. 

Anda bisa memilih salah satu dari kelima bahan alami di atas untuk mengobati sariawan. Selamat mencoba. 

Baca Juga: 4 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Cantengan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×