kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,71   -13,81   -1.48%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Bahan alami ini bisa jadi cara menghilangkan sakit gigi


Rabu, 30 Juni 2021 / 12:24 WIB
4 Bahan alami ini bisa jadi cara menghilangkan sakit gigi
ILUSTRASI. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda pakai sebagai cara menghilangkan sakit gigi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Hampir semua orang pernah mengalami sakit gigi? Jika Anda mengalami masalah ini, ada banyak cara menghilangkan sakit gigi yang bisa Anda coba. 

Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika rasa sakit yang muncul semakin parah dan disertai dengan gejala yang lain. Bisa jadi sakit gigi disebabkan oleh penyakit gigi dan mulut yang seharusnya ditangani secara medis.

Cobalah untuk rutin menyikat gigi dan memakai benang gigi. Memanfaatkan obat kumur juga bisa Anda jadikan pilihan.

Selain itu, mencoba beberapa bahan alami berikut ini juga bisa Anda coba. Dengan begitu, sakit gigi bisa hilang dengan lebih cepat. Namun perlu diingat, cara-cara ini hanya bersifat sementara.

Air garam

Berkumur dengan air garam jadi salah satu cara menghilangkan sikat gigi yang cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama-tama, campur ½ sdt garam dalam segelas air hangat. Setelah teraduk rata, gunakan air tersebut untuk berkumur.

Mengutip dari Klement Family Dental, berkumur dengan air garam tak hanya berfungsi membersihkan sisa makanan dan minuman yang tertinggal di sela gigi. Memanfaatkan air garam juga efektif mengobati infeksi sehingga kondisi kesehatan gigi dan mulut tak memburuk.

Baca Juga: Pakai Bahan Alami Ini, 4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak ini

Bawang putih

Tahukah Anda bahwa bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan sakit gigi? Tidak hanya meredakan rasa sakit, menggunakan bawang putih pun efektif melawan infeksi bakteri.

Cara yang bisa Anda lakukan pun beraneka ragam. Pertama, Anda bisa menumbuk bawang putih lalu mengaplikasikannya pada gigi yang sakit.

Kedua, kunyah bawang putih secara langsung. Ketiga, celupkan kapas pada minyak bawang putih lalu aplikasikan pada gigi yang terasa sakit.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi gusi bengkak ini pakai bahan alami, lo

Daun jambu biji

Salah satu cara menghilangkan sakit gigi adalah dengan memakai daun jambu biji.

Klement Family Dental merekomendasikan daun jambu biji untuk mengobati sakit gigi. Anda hanya perlu mengunyah daun jambu biji yang sudah dibersihkan.

Antiinflamasi dan antibakteri yang terkandung dalam bahan alami itu akan mengurangi rasa sakit di sekitar gigi Anda.

Kantung teh

Jika Anda mencari bahan alami lain yang berguna untuk mengobati sakit gigi, tak ada salahnya untuk memanfaatkan kantung teh. Anda hanya perlu menempatkan kantung teh dalam kulkas terlebih dahulu. Kemudian, aplikasikan pada bagian gigi yang sakit.

Selanjutnya: Penyebab dan cara mencegah gusi bengkak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×