4 Alasan Tidur Tidak Nyenyak Saat Malam Hari, Ini Penyebabnya

Selasa, 19 April 2022 | 10:37 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Alasan Tidur Tidak Nyenyak Saat Malam Hari, Ini Penyebabnya

ILUSTRASI. Tidur tidak nyenyak.


KONTAN.CO.ID - Tidur tidak nyenyak adalah salah satu masalah yang tidak boleh dianggap sepele. Untuk itu, penting mengetahui penyebab tidur Anda tidak nyenyak saat malam hari agar bisa segera teratasi. 

Pasalnya, tidur merupakan cara tubuh beristirahat dan waktu untuk melakukan pemulihan. Selain itu, tidur yang nyenyak juga baik untuk kesehatan fisik sekaligus mental. 

Kualitas tidur yang kurang baik atau tidak nyenyak dapat membuat penurunan konsentrasi dan daya pikir seseorang loh. 

Baca Juga: Mampu Menurunkan Berat Badan, Ini 6 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Beriku ada beberapa penyebab tidur tidak nyenyak yang dilansir dari Harvard Health Publishing: 

Usia

Usia menjadi salah satu faktor penyebab yang mempengaruhi tidur Anda menjadi tidak nyenyak. Pasalnya, orang dewasa relatif lebih banyak mengalami gangguan tidur yang otomatis dikaitkan denga usia. 

Selain itu, seiring bertambahnya usia kualitas tidur juga mungkin semakin menurun bagi sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan tubuh membutuhkan pemulihan lebih lama dibanding saat masih muda.

Gaya Hidup 

Salah satu penyebab umum gangguan tidur adalah gaya hidup. Kebiasaan buruk bagi kesehatan sangat berisiko membuat tidua Anda tidak nyenyak. 

Gaya hidup yang dimaksud seperti mengkonsumsi alkohol, kafein, tidur setelah makan dan masih banyak lagi. Untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak, mulailah untuk menghindari hal-hal tersebut.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Mata dan Pelihatan Anda, Hati-Hati!

Mengkonsumsi Obat Tertentu

Perlu Anda ketahui, jika Anda sedang dalam proses pengobatan, ada beberapa obat yang dapat membuat tidur Anda tidak nyaman. Contihnya seperti obat antideprasan, tekanan darah tinggi, flu, dan lain-lain. 

Oleh karena itu jika tidur Anda menjadi tidak nyenyak setelah mengkonsumsi obat tersebut, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter agar masalah bisa segera diatasi.

Stres

Stres adalah salah satu penyebab tidur Anda menjadi tak nyenyak. Pasalnya, stres atau kecemasan yang membuat suasana hati tertekan dapat membuat Anda kesulitan untuk tidur. Untuk mengatasi hal tersebut cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog agar stres Anda bisa membaik sehingga bisa kembali tidur nyenyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru