kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Mata dan Pelihatan Anda, Hati-Hati!


Selasa, 19 April 2022 / 05:49 WIB
7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Mata dan Pelihatan Anda, Hati-Hati!
ILUSTRASI. Kebiasaan buruk yang dapat merusak mata.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Mata adalah salah satu indera penting manusia yang berfungsi untuk melihat. Untuk itu, penting menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan mata dan penglihatan Anda. 

Pasalnya, tanpa Anda sadari cukup banyak kebiasaan buruk yang bisa merusak mata. Salah satu contohnya seperti menggosok mata terlalu kencang. 

Untuk mencegah hal tersebut, ketahui beberapa kebiasaan buruk lain yang bisa merusak mata yang dilansir dari Washinton Eye Physicians: 

Baca Juga: Download Video dari YouTube Bisa Lewat Y2mate, Gampang dan Gratis

Tidak Memakai Kacamata

Perlu Anda ketahui, memakai kacamata adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, ketika Anda lupa memakai kacamata akan membuat mata Anda terpapar sinar UV berbahaya dan sinar tampak energi tinggi (HEV) matahari yang dapat menua sebelum waktunya dan merusak mata serta kulit di sekitar mata. 

Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang membahayakan hampir setiap bagian tubuh Anda termasuk mata Anda. Penelitian telah mengaitkan merokok dengan penyakit mata seperti degenerasi makula, mata kering, katarak, uveitis, dan retinopati diabetik. 

Mengetahui hal tersebut, Anda mungkin harus berhati-hati jika kesulitan untuk berhenti merokok karena bisa merusak mata dan penglihatan Anda.

Menggosok Mata Anda

Seperti yang sudah disinggung di atas menggosok mata terlalu kencang berisiko merusak mata.

Pasalnya, Kulit di sekitar mata Anda sangat halus. Sehingga menggosok mata sebenarnya dapat merusak pembuluh darah kecil yang berada di bawah permukaan kulit dan menyebabkan lingkaran hitam atau tampilan bengkak. 

Baca Juga: Enak dan Sering Dijadikan Lalapan, Ini 9 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Kurang Tidur

Kebiasaan buruk selanjutnya yang dapat merusak mata adalah kurang tidur. Selain berbahaya bagi penglihatan, mata merah, kurang tidur juga membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga berisiko terkena berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Tidak Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Makanan sehat sangat penting untuk kesehatan termasuk mata. Oleh karena itu, jika Anda tidak mengkonsumsi makanan sehat akan berdampak dan berisiko mengganggu kesehatan mata. Cobalah untuk mulai mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran atau buah-buahan.

Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih juga merupakan kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan mata. Pasalnya, jika Anda kurang minum air putih dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Sehingga menyebabkan mata merah, kering dan kurang ternutrisi.

Baca Juga: 6 Penyebab Badan Terasa Sakit Saat Bangun Tidur, Simak

Kurang Melakukan Pemerikasaan Mata

Pemeriksaan mata yang komprehensif dapat mendeteksi masalah penglihatan, penyakit mata, dan masalah kesehatan umum bahkan sebelum Anda menyadarinya. 

Oleh karena itu, pemeriksaan mata yang rutin sangat penting karena dapat mencegah berbagai
penyakit yang dapat merusak mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×