kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Gejala Virus Corona tak biasa ini bisa Anda alami, hati-hati!


Selasa, 02 Maret 2021 / 15:18 WIB
3 Gejala Virus Corona tak biasa ini bisa Anda alami, hati-hati!
ILUSTRASI. Ruam dan kulit gatal jadi salah satu gejala Virus Corona.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demam, batuk, sesak napas adalah beberapa gejala Virus Corona yang sudah umum diketahui banyak orang. Namun, tahukah Anda ciri-ciri terkena Virus Corona juga bisa muncul di kulit Anda? Dengan mengetahui hal tersebut, diharap Anda bisa lebih berhati-hati.

Segera lakukan isolasi mandiri sembari menghubungi tenaga kesehatan. Selain itu, tetap lakukan protokol kesehatan secara disiplin. Mulai dari jaga jarak, menghindari kerumunan, rajin cuci tangan, dan memakai masker.

Selain itu, menghindari tempat-tempat dengan risiko penularan Covid-19 yang tinggi pun perlu Anda lakukan. Jangan lupa untuk membersihkan permukaan benda dengan disinfektan. Supaya tidak menularkan virus ke orang lain, perhatikan gejala terinfeksi yang mungkin Anda alami.

Muncul Ruam

Mengutip dari Eatthis.com, masalah kulit bisa jadi salah satu gejala Virus Corona yang bisa Anda rasakan. Salah satu tipe masalah kulit yang dapat terjadi adalah kemunculan ruam atau benjolan-benjolan kulit.

Kondisi itu bisa Anda alami di bagian kulit mana pun. Anda pun dapat merasakan gatal saat kondisi itu muncul. Bahkan, bibir dan kelopak mata Anda bisa mengalami pembengkakan karena ruam kulit.

Baca Juga: Tak hanya isolasi, ini panduan tepat jika terkena Covid-19

Cacar Air

Masalah kulit lain yang bisa Anda alami akibat infeksi Covid-19 adalah muncul bintik-bintik kecil mirip cacar air di kulit Anda. Kondisi itu bisa berlangsung selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu setelah Anda terinfeksi.

Baca Juga: Jangan lengah! Ketahui gejala corona pada anak dan remaja

Chilblain

Chilblain adalah benjolan yang biasa muncul di jari tangan atau kaki Anda. Gejala Covid-19 itu biasanya berwarna kemerahan atau keunguan dan menimbulkan rasa sakit. Eatthis.com mengatakan bahwa kondisi itu lebih banyak dialami oleh pasien Covid-19 berusia muda dan muncul lebih lambat dari gejala yang lain.

Meski jarang terjadi, Anda tidak boleh mengabaikan gejala Virus Corona itu. Bisa saja gejala itu jadi satu-satunya gejala infeksi yang bisa Anda alami. Dengan benar-benar memerhatikan kemunculannya, Anda bisa mencegah penularan virus ke orang lain.

Selanjutnya: IDI menyebut sebanyak 21 persen penyintas alami long covid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×