Kecantikan & Kebugaran

3 Cara mudah membuat masker bibir alami

Senin, 28 September 2020 | 12:46 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara mudah membuat masker bibir alami

ILUSTRASI. Anda perlu menggunakan masker bibir alami agar kesehatan bibir tetap terawat.

KONTAN.CO.ID - Sama seperti bagian tubuh yang lain, bibir juga perlu Anda rawat agar kondisinya tetap terjaga. Anda bisa menggunakan masker bibir alami sesuai dengan masalah yang Anda alami.

Misalnya, masker untuk bibir pecah-pecah berbeda dengan masker yang digunakan untuk meningkatkan warna bibir.

Pelembab bibir

Bibir yang tak terhidrasi dengan baik atau kering bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Untuk mengatasi hal itu, melansir Sio Beauty, bisa menggunakan beberapa bahan alami, seperti madu, minyak kelapa, dan alpukat.

Caranya, campurkan madu dan minyak kelapa (masing-masing 1 sendok teh). Supaya campuran lebih lembut, Anda bisa memanaskan minyak kelapa terlebih dahulu di microwave selama 15 detik, sebelum mencampurkannya dengan madu. Setelah itu, aplikasikan pada bibir Anda.

Selain menggabungkan dengan minyak kelapa, Anda juga bisa membuat masker bibir dari madu dan alpukat. Pertama-tama, tumbuk alpukat sampai benar-benar hancur. Campurkan 2 sendok teh alpukat tersebut dengan 1 sendok teh madu.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi kulit kering, jangan cuma pakai pelembab

Membersihkan sel kulit mati

Kiwi adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk masker bibir alami.

Masker bibir alami juga bisa Anda buat untuk membersihkan sel kulit mati. Bahan dasar yang bisa Anda gunakan adalah yogurt, lalu campurkan dengan kiwi atau air lemon. Selain membersihkan sel kulit mati, asam laktat dalam yogurt juga bisa mencerahkan bibir.

Anda bisa membuatnya dengan mencampur greek yogurt (2 sendok teh) dan kiwi (1 sendok teh) yang sudah ditumbuk. Selain digunakan sebagai bahan dasar masker, mengutip Sio Beauty, bahan alami ini dapat Anda konsumsi untuk cara perawatan kesehatan kulit dari dalam.

Kiwi bisa Anda ganti dengan air lemon. Namun, gabungan yogurt dan air lemon cukup kuat jika dibandingkan dengan bahan alami lain karena keduanya mengandung asam laktat. Jika kondisi bibir benar-benar kering, lebih baik gunakan resep masker madu.

Baca Juga: ​Manfaat madu untuk wajah dan kulit serta cara menggunakannya

Mencerahkan warna bibir

Supaya warna bibir terlihat lebih merona, Anda bisa menggunakan masker bibir alami yang terbuat dari stroberi, madu, dan olive oil. Pertama, tumbuk sebuah stroberi sampai halus lalu campurkan madu dan olive oil (masing-masing 1 sendok teh).

Sio Beauty menyebutkan, vitamin C dan antioksidan dalam stroberi membuat warna bibir menjadi lebih cerah. Anda bisa menggunakan masker bibir ini sebanyak tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Ini tiga cream mask buat basmi bruntusan di wajah, jangan salah pilih ya!

Editor: Belladina Biananda


Terbaru