kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Cara mencegah penyebaran Virus Corona dalam ruangan


Senin, 02 November 2020 / 08:47 WIB
3 Cara mencegah penyebaran Virus Corona dalam ruangan
ILUSTRASI. Mengatur ventilasi udara dengan baik adalah hal wajib untuk menghindari penyebaran Virus Corona dalam ruangan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu faktor yang meningkatkan resiko penyebaran Virus Corona adalah ruangan tertutup dengan ventilasi yang tak memadai. Namun, Anda tak perlu khawatir. Selain menerapakan protokol kesehatan secara disiplin, cara-cara berikut ini juga bisa dilakukan untuk menurunkan transmisi virus.

Cek AC

Siapa sih yang tidak suka berada di ruangan ber-AC, apalagi saat cuaca sedang panas. Namun, ruangan ber-AC ternyata tak cukup bagus di tengah pandemi Virus Corona, lo. Mengutip dari BBC (bbc.com), salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan memerhatikan AC ruangan.

AC bekerja dengan cara menyerap udara dalam ruangan, mengolahnya hingga dingin, lalu mengeluarkannya lagi di ruangan yang sama. Hal tersebut membuat perputaran udara menjadi kurang sehat.

Jika Anda berencana ada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu lama, lebih baik buka jendela yang ada. Tujuannya agar udara yang Anda hirup tetap sehat sehingga infeksi Virus Corona bisa Anda hindari.

Baca Juga: Mengawal Protokol Kesehatan Covid-19 Dari Lingkup Perumahan

Atur Perbandingan Udara

Lantas, bagaimana dengan ruangan dalam gedung di mana jendelanya disegel? Anda bisa mengatasinya dengan mengatur perbandingan udara di sistem ventilasi. Akan lebih baik jika udara yang mengalir ke ruangan 100% berasal dari luar gedung atau paling tidak mendekati 100%.

Namun, cara ini biasanya terkendala oleh biaya. Suhu udara yang masuk ke ruangan perlu disesuaikan agar orang-orang di dalam ruangan tetap nyaman. Hal itu menyebabkan energi yang dibutuhkan lebih banyak pula sehingga berpengaruh terhadap biaya yang dikelurakan.

Baca Juga: Lebih berbahaya, inilah 4 perbedaan Virus Corona dengan Virus Flu

Bersihkan Penyaring Ventilasi Secara Rutin

Cara selanjutnya yang direkomendasikan BBC untuk menurunkan resiko penularan Virus Corona adalah dengan membersihkan ventilasi. Anda perlu melakukan cara tersebut secara rutin agar tak ada Virus Corona yang tertinggal.

Para peneliti menginvestigasi Rumah Sakit Oregon Health and Science University. Hasilnya, jejak Virus Corona tertangkap di ventilasi dan beberapa di antaranya berhasil lolos. Hal tersebut membuktikan bahwa membersihkan penyaring ventilasi perlu dilakukan secara rutin agar transmisi Virus Corona tak terjadi.

Selanjutnya: Sepanjang ini proses yang harus ditempuh pengembang vaksin untuk mendapat hak edar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×