Kesehatan Umum

3 Cara memutihkan gigi, bisa pakai bahan alami

Kamis, 17 September 2020 | 09:29 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara memutihkan gigi, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Bahan alami bisa dimanfaat sebagai cara memutihkan gigi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah gigi Anda menguning? Jika iya, maka cara memutihkan gigi dengan bahan alami berikut ini adalah jawabannya. Bahan yang diperlukan cukup mudah ditemukan dan Anda tak akan kesulitan untuk mempraktikannya.

Ada banyak hal yang menyebabkan gigi menguning, salah satunya jenis makanan tertentu. Mengutip dari Healthline, gigi menguning masih bisa dicegah dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan noda, seperti kopi, wine, soda.

Jika Anda terpaksa mengonsumsi minuman itu, usahakan untuk menggunakan sedotan atau cara lain agar gigi tak bersentuhan langsung dengan minuman. Setelah itu, segera gosok gigi untuk mengurangi efek perubahan warna pada gigi.

Tidak merokok juga bisa jadi cara memutihkan gigi. Namun, jika gigi menguning masih tak bisa dihindari, bahan-bahan alami berikut patut untuk dicoba.

Baca Juga: Beberapa kiat menjaga gigi tetap putih dan sehat

Minyak Alami

Minyak alami bisa Anda manfaatkan untuk membunuh bakteri di mulut agar tak berubah menjadi plak yang membuat gigi menguning. Salah satu jenis minyak yang bisa Anda gunakan adalah minyak kelapa.

Selain memiliki rasa yang tidak buruk, minyak kelapa mengandung asam lemak tinggi yang bisa mengurangi inflamasi dan membunuh bakteri. Jika rutin digunakan, bahan alami ini juga bisa mengurangi plak dan gingivitis.

Anda bisa menggunakan satu sendok makan minyak kelapa untuk berkumur selama 15 hingga 20 menit. Karena tak merusak enamel, Healthline mengatakan bahwa bahan ini bisa Anda gunakan setiap hari.

Baking Soda

Menggosok gigi menggunakan baking soda adalah cara memutihkan gigi lainnya yang bisa Anda coba. Selain bisa mengurangi noda yang menyebabkan gigi kuning, baking soda juga membuat lingkungan alkalin dalam mulut sehingga mencegah pertumbuhan bakteri.

Meski baking soda tak bisa memutihkan gigi secara cepat, tapi Anda bisa melihat hasilnya seiring berjalannya waktu. Caranya, campurkan baking soda (1 sdt) dengan air (2 sdt) hingga membentuk pasta. Gunakan pasta ini untuk gosok gigi beberapa kali dalam seminggu.

Baca Juga: Cara sehat & murah memutihkan gigi kuning

Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur juga bisa jadi cara memutihkan gigi, lo. Mengunyah buah dan sayur mentah bisa mengurangi plak yang terbentuk di gigi. Melansir dari Healthline, stroberi adalah salah satu jenis buah yang bisa memutihkan gigi.

Asam malat dalam stroberi bisa menghilangkan noda kuning gigi. Anda bisa mengkombinasikannya dengan baking soda. Pertam, tumbuk stroberi hingga halus kemudian campurkan dengan baking soda dan air. Jangan terlalu sering menggunakan campuran ini untuk gosok gigi karena bisa merusak gigi.

Selanjutnya: Tak bisa ke dokter gigi? Coba cara mengobati sakit gigi ini

Editor: Belladina Biananda


Terbaru