Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR15.205
  • SUN90,77 -0,26%
  • EMAS623.158 -0,48%

Beberapa kiat menjaga gigi tetap putih dan sehat

Rabu, 18 Juli 2018 / 11:10 WIB

Beberapa kiat menjaga gigi tetap putih dan sehat
ILUSTRASI. Ilustrasi kesehatan bahagia tertawa - mulut dan gigi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gigi tak hanya membantu kita untuk berbicara dan mengunyah, tapi juga sebagai penunjang penampilan. Tentu tak enak dipandang jika warna putih gigi geligi kita berubah menjadi kekuningan atau berwarna gelap.

Ada berbagai kebiasaan yang dapat kita lakukan demi menjaga gigi kita tetap putih dan sehat.


1. Hindari kebiasaan yang merusak warna gigi Jika kamu gemar minum wine, soda, teh hitam atau merokok, jangan berharap warna putih gigimu bertahan. Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa membuat gigimu menguning. Warna makanan atau minuman tersebut bahkan sudah amat pekat sebelum dimakan atau diminum.

Bayangkan ketika kamu memakan dan meminumnya? Jika konsumsi makanan dan minuman itu sudah jadi kebiasaan, segeralah menggosok gigi atau minimal berkumur dengan air setelah konsumsi.

Untuk menjaga warna putih gigi lebih terjaga, kita bisa menggunakan produk mengandung pemutih, mengkonsumsi buah-buahan yang bisa menjaga warna putih gigi atau menggunakan pemutih gigi di bawah pengawasan dokter.

2. Rajin mengganti sikat gigi Gantilah sikat gigi setidaknya setiap dua atau tiga bulan demi gigi yang sehat. Sebab, sikat gigi lama akan mentransfer bakteri ke dalam mulut. Menurut dokter gigi di Beverly Hills, Harold Katz, D.D.S, cara terbaik menggosok gigi adalah menempatkan sikat gigi pada sudut 45 derajat dari gusi dan menyikatnya perlahan dengan gerakan memutar, bukan dengan gerakan maju mundur. Pegang gagang sikat gigi seperti pensil, sehingga kita tidak akan menyikat terlalu keras.

3. Membersihkan lidah Gunakan pembersih lidah setiap pagi untuk membersihkan plak lidah dan menyegarkan nafas. Salah satu penyebab bau mulut adalah berkembangnya bakteri di lidah, sehingga membersihkan lidah dengan rutin akan sangat membantu. Menggunakan pembersih lidah juga lebih efektif daripada menyikat lidah dengan sikat gigi.

4. Konsumsi makanan yang "memutihkan" Sejumlah makanan yang sedikit keras dan renyah bisa membantu membersihkan gigi ketika dikonsumsi. Misalnya apel, wortel mentah, seledri, bahkan popcorn. Untuk hasil terbaik, konsumsilah makanan tersebut di akhir sesi makan sebagai pembersih gigi. Baca juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Gigi Kuning

5. Menyikat gigi dengan baking soda seminggu sekali Hal ini akan membantu menghilangkan noda sekaligus memutihkan gigi. Cara menggunakannya sama seperti kita menggunakan pasta gigi. Selain baking soda, garam juga bisa menjadi alternatif. Pastikan kamu membuangnya sehingga garam tersebut tak tertelan. Jika merasa gusi sudah cukup kotor, sikatlah gigi menggunakan garam di hari lainnya.

6. Jaga mulut tetap segar Mungkin terdengar sedikit jorok, tapi kamu bisa mengecek tingkat kesegaran mulut dengan menjilat telapak tangan dan cium ketika masih dalam keadaan basah. Jika kamu mencium sesuatu, maka saatnya kamu mengkonsumsi penyegar nafas bebas gula.

Bisa pula menggunakan mouthwash, hanya saja pastikan produk yang digunakan bebas alkohol. Sebab, alkohol bisa membuat jaringan dalam mulut menjadi kering sehingga berpotensi dijadikan tempat bakteri berkembang biak.

7. Flossing dengan mata tertutup Cobalah melakukan "flossing" tanpa harus berkaca sehingga bisa mengerjakannya di berbagai kesempatan. Belilah paket floss yang bisa kamu sebarkan di sejumlah tempat. Seperti kamar, meja kerja, mobil, dompet, dan lainnya.

8. Sikat gigi ketika bangun dan sebelum tidur Ada dua waktu krusial dimana kita harus menyikat gigi. Waktu tersebut adalah ketika bangun pagi dan sebelum tidur. Cairan saliva akan mengering saat kita tidur.

Itulah mengapa penting untuk menjaga gigi tetap dalam kondisi bersih saat tidur. Menyikat gigi setelah bangun pagi juga tak kalah pentingnya, untuk membersihkan plak dan bakteri yang mungkin tumbuh ketika tidur.

9. "Sembunyikan" dengan warna Untuk menyembunyikan warna gigi yang sudah tak terlalu putih, gunakanlah lipstik berwarna terang. Warna-warna terang akan cenderung menyamarkan warna kuning gigimu. (Nabilla Tashandra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trik Membuat Gigi Lebih Putih dan Sehat",

Sumber : Kompas.com
Editor: Yudho Winarto

KESEHATAN

Tag
TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0016 || diagnostic_api_kanan = 0.0526 || diagnostic_web = 0.3416

Close [X]
×