kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Cara membersihkan pembuluh darah


Selasa, 01 September 2020 / 08:42 WIB
3 Cara membersihkan pembuluh darah
ILUSTRASI. Cara membersihkan pembuluh darah perlu dilakukan untuk menghindari serangan jantung dan penyakit lainnya. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara membersihkan pembuluh darah perlu dilakukan agar pendistribusian oksigen dalam tubuh tak terganggu. Jika tersumbat, arteri, kapiler, dan pembuluh darah tak bisa melakukan fungsinya dengan benar. Oksigen yang tidak tersalurkan dengan baik bisa mengakibatkan penyakit dalam tubuh.

Pembuluh darah tersumbat karena adanya plak yang menumpuk. Plak muncul akibat kolesterol yang menempel di dinding arteri. Sistem imun merespons kondisi tersebut dengan mengirim sel darah putih. Itulah mengapa inflamasi terjadi.

Baca Juga: 5 faktor tak terduga pemicu penyakit jantung

Serangan jantung bisa terjadi Jika cara membersihkan pembuluh darah tak segera dilakukan. Sayangnya, cara membersihkan pembuluh darah tak bisa menghilangkan plak akibat kolesterol yang sudah terbentuk. Cara ini dilakukan untuk mencegah penumpukan plak yang lebih banyak di kemudian hari.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Healthline mengatakan, cara membersihkan pembuluh darah bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Anda bisa menambahkan sumber makanan yang kaya akan lemak tak jenuh, seperti alpukat, ikan atau kacang. Sebaliknya, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh.

Makanan berserat, seperti buah dan sayur, juga cocok digunakan sebagai cara membersihkan pembuluh darah. Tak hanya itu, menghindari konsumsi gula berlebih juga perlu dilakukan. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan daripada makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan.

Tingkatkan Aktivitas Fisik

Cara membersihkan pembuluh darah selanjutnya adalah dengan melakukan lebih banyak aktivitas fisik. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan jantung. Mulailah untuk melakukan olahraga rutin sehingga stamina terjaga.

Baca Juga: 3 Makanan penurun kolesterol, cocok untuk menghindari penyakit jantung

Anda bisa mulai olahraga ringan terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, intensitas olahraga bisa ditingkatkan. Healthline mengingatkan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan jenis olahraga apapun agar bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah salah satu cara membersihkan pembuluh darah yang perlu dilakukan. Saat Anda berhenti merokok, jumlah HDL atau lemak baik dalam tubuh Anda akan meningkat. Jika Anda kesulitan berhenti merokok, Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapat cara berhenti yang tepat.

Selain berhenti merokok, cara membersihkan pembuluh darah juga bisa Anda coba dengan mengurangi konsumsi alkohol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cukup alkohol bisa meningkatkan HDL. Namun, bukan berarti hal itu dijadikan alasan untuk mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×