15 Gerakan olahraga ini bisa Anda lakukan di kantor, pas buat yang sering duduk

Jumat, 03 Desember 2021 | 13:55 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
15 Gerakan olahraga ini bisa Anda lakukan di kantor, pas buat yang sering duduk

ILUSTRASI. 15 Gerakan olahraga ini bisa Anda lakukan di kantor, pas buat yang sering duduk. TRIBUNNEWS/HERUDIN.


KONTAN.CO.ID - Anda bisa tetap berolahraga saat berada di kantor bahkan saat sedang duduk di kursi. Pekerja kantoran sering tidak melakukan olahraga dengan alasan sibuk atau tidak memiliki banyak waktu luang. 

Padahal, olahraga penting dilakukan terlebih bagi orang-orang kantoran yang sering duduk berjam-jam di kantor dan jarang melakukan aktivitas fisik. 

Bersumber dari Instagram Lembaga Pengelola Dana Pendidikan @lpdp_ri, duduk terlalu lama bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti pelemahan otot dan sendi hingga melambatnya proses metabolisme tubuh. 

Agar tubuh tetap bugar meski sering duduk, Anda bisa menerapkan gaya hidup deskercise. Ini merupakan sekumpulan gerakan sederhana yang bisa dilakukan meski dengan duduk di kursi dan dalam waktu yang singkat.  

Baca Juga: Inilah 5 pulau terbesar di Indonesia, ada yang terbesar kedua di dunia!

Gerakan olahraga sambil duduk di kantor

Berikut ini adalah 15 gerakan olahraga deskercise yang bisa Anda lakukan saat sedang duduk di kantor:

  • Manfaatkan kursi

Duduk bersila dan angkat tubuh Anda dengan tumpuan kedua tangan di pegangan kursi, tahan 5-10 detik dan ulangi gerakan tersebut hingga 5 kali. 

  • Tricep dip

Berdiri membelakangi meja dan posisikan tubuh duduk tanpa kursi dengan tangan menumpu pada meja di belakang kemudian bergerak naik turun.

  • Pergelangan tangan

Letakkan telapak tangan Anda di meja dengan posisi jari menghadap ke tubuh. Gerakan ini merupakan gerakan peregangan tangan setelah mengetik seharian. 

Lakukan gerakan olahraga ringan ini selama 10-15 detik saat Anda berada di kantor atau di rumah.

  • Peregangan bagian tubuh bawah

Anda bisa melakukan gerakan streching atau peregangan sederhana saat duduk di kursi. Saat duduk, angkat salah satu kaki Anda lalu tahan selama 10-20 detik. Setelahnya ganti dengan kaki lain dan lakukan gerakan yang sama. 

  • Spinal stretch

Gerakan olahraga di kursi selanjutnya yang bisa Anda lakukan di kantor adalah spinal stretch

Caranya adalah dengan meregangkan tubuh bagian atas dengan memutar badan memutar ke kanan dan kiri. Anda bisa menggunakan meja atau pegangan kursi sebagai tumpuan tangan saat melakukan peregangan.

Baca Juga: Jenis-jenis nutrisi yang penting untuk tubuh beserta fungsinya masing-masing

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru