kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

13 Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Kamis, 17 Agustus 2023 / 11:33 WIB
13 Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat kencur untuk kesehatan yakni bisa sebagai obat batuk serta membantu mempercepat penyembuhan pilek dan flu.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Bagi para pencinta jamu, tentu sudah tak asing lagi dengan kencur. Pasalnya, ada segudang manfaat kencur untuk kesehatan. Selain untuk jamu herbal, manfaat kencur paling umum yakni sebagai bumbu dapur.

Kencur atau cekur (Kaempferia galanga) adalah tanaman yang mempunyai akar batang yang tertanam di dalam tanah, biasa dipakai untuk bahan rempah-rempah dan ramuan obat.

Tanaman ini memiliki senyawa seperti minyak atsiri, saponin, flavonoid, maupun polifenol yang membuatnya kaya akan manfaat. Salah satu manfaat kencur untuk kesehatan yakni bisa sebagai obat batuk serta membantu mempercepat penyembuhan pilek dan flu. 

Tanaman kencur ini tumbuh subur di wilayah Asia seperti Indonesia, China, Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Di beberapa daerah tanaman ini disebut cikur, ceku, cekor, tekur, suha, hingga bataka.

Lantas, apa saja manfaat kencur untuk kesehatan?

Baca Juga: 8 Cara Turunkan Darah Tinggi Tanpa Obat Kimia, Cek Juga 11 Gejalanya

Manfaat kencur untuk kesehatan

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Bagian tanaman kencur yang sering digunakan adalah rimpang, akar, dan daun. Manfaat kencur sendiri sudah banyak dibuktikan berbagai penelitian.

Banyaknya senyawa aktif atau bahan yang dikandung membuat kencur kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Manfaat kencur juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu, karena khasiat kencur diyakini membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, dan bahkan melawan berbagai jenis kanker.

Nah, berikut sederet manfaat kencur sebagaimana dilansir dari Healthline, buku "Kencur: Sejarah, Manfaat, dan Penggunaannya dalam Kesehatan, Kecantikan, dan kuliner" serta buku "Rempah-rempah (Bumbu Dapur, Kaya Manfaat)":

Baca Juga: Bikin Kepala Pusing, Ini Efek Samping Sereh Jika Dikonsumsi Berlebihan

1. Meredakan gangguan pencernaan 

Manfaat kencur dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, dan diare. Kandungan zat aktifnya dapat memperbaiki keseimbangan asam lambung dan membantu melancarkan pencernaan. 

2. Menyembuhkan pilek dan flu 

Selanjutnya, manfaat kencur untuk kesehatan juga bisa membantu mempercepat penyembuhan pilek dan flu. Sifat antiradang dan antimikroba kencur dapat membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab infeksi. 

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Tak Hanya Dijadikan Lalapan

3. Mengatasi rasa nyeri 

Manfaat kencur berikutnya adalah bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan penyebab penyakit, karena mengandung HMP. HMP adalah fitokimia alami yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Selain itu, tanaman dari keluarga Zingiberaceae, termasuk kencur, dipercaya dapat mengurangi rasa sakit ringan yang merupakan gejala peradangan. Kandungan senyawa aktif kencur dapat membantu mengurangi gejala nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri sendi. 

4. Menjaga kesehatan jantung 

Berikutnya, manfaat kencur untuk kesehatan dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kegunaan kencur sangat kaya akan polifenol.

Polifenol adalah antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Di antaranya meningkatkan memori otak dan menurunkan gula darah serta kadar kolesterol LDL (jahat).

Polifenol pada manfaat kencur juga dianggap bisa melindungi tubuh dari penurunan mental, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Jahe dan kunyit, dua kerabat dekat kencur juga kaya akan polifenol.

Baca Juga: Tubuh Sering Capek dan Pegal, Ini 5 Obat Alami yang Ampuh Sembuhkan Pegal Linu

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat kencur juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan zat aktifnya dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit. 

6. Menjaga kesehatan kulit

Khasiat kencur juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidannya dapat membantu mencegah kerusakan sel dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar Matahari dan polusi. 

Manfaat kencur adalah bisa membantu melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu.

7. Dapat melindungi tubuh terhadap kanker tertentu

Manfaat kencur adalah bisa membantu melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam kencur, dapat membunuh sel kanker dan mencegah penyebarannya.

Selain itu, sebuah studi juga menjelaskan bahwa senyawa dalam kencur bisa membunuh dua jenis sel kanker usus besar manusia. Studi lain menunjukkan itu dapat melawan sel kanker payudara, saluran empedu, kulit, dan hati.

Baca Juga: Cara Konsumsi Madu untuk Meredakan Asam Lambung Tinggi

8. Dapat meningkatkan kesuburan pria

Manfaat kencur untuk kesehatan juga terkait dengan kesehatan sperma. Beberapa penelitian menunjukan kalau manfaat kencur dapat meningkatkan kesuburan pria.

Dalam satu penelitian pada hewan, jumlah dan motilitas sperma meningkat pada tikus yang diberi ekstrak kencur.

Sementara dalam penelitian lain pada 66 pria dengan kualitas sperma rendah, mengonsumsi suplemen harian yang mengandung kencur dan ekstrak buah delima dapat meningkatan motilitas sperma sebesar 62%.

9. Meningkatkan nafsu makan 

Kandungan minyak atsiri pada kencur memiliki sifat carminative yang bisa menambah nafsu makan. Sehingga, meningkatkan nafsu makan menjadi salah satu dari manfaat kencur untuk kesehatan. 

Baca Juga: Bisa Menurunkan Tekanan Darah, Ini Sederet Manfaat Kencur untuk Kesehatan

10. Sebagai pelangsing tubuh

Manfaat kencur juga bisa sebagai obat pelangsing tubuh karena ada beberapa kandungannya yang dapat membakar lemak dalam tubuh. 

11. Mengobati radang sendi

Kandungan kurkumin di dalam kencur berfungsi untuk obat radang sendi.

12. Manfaat kencur untuk obat batuk 

Ternyata, khasiat kencur juga bisa digunakan sebagai obat batuk. Gejala batuk ringan dapat diobati dengan mengonsumsi kencur. 

Caranya dengan membersihkan kulit kencur lalu diparut. Setelah itu, diperas dan diambil sarinya. 

Campurkan dengan setetes jeruk nipis serta madu. Diminum 3 kali sehari untuk meredakan gejala batuk. 

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

13. Bisa jadi pengawet makanan 

Manfaat kencur untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk mengawetkan makanan. Minyak atsiri yang diekstraksi dari kencur dapat melawan berbagai mikroorganisme.

Selain itu, menambahkan kencur ke makanan juga mampu mengurangi risiko vibriosis. Risiko vibrosis adalah infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang.

Itulah sederet manfaat kencur untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×