12 Buah Penurun Berat Badan yang Bisa Dilirik, Apa Saja?

Rabu, 09 November 2022 | 07:26 WIB Sumber: Kompas.com
12 Buah Penurun Berat Badan yang Bisa Dilirik, Apa Saja?

ILUSTRASI. Buah pada umumnya rendah kalori dan tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan berat badan.


4. Buah kiwi 

Buah kiwi adalah buah kecil berwarna cokelat dengan daging berwarna hijau cerah atau kuning dan biji hitam kecil. Buah ini telah terbukti kaya akan zat gizi. Di mana, kiwi adalah buah sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik, dan memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. 

Dalam sebuah penelitian, 41 orang dengan pradiabetes makan dua buah kiwi per hari selama 12 minggu. Partisipan mengalami kadar vitamin C yang lebih tinggi, penurunan tekanan darah, dan penurunan lingkar pinggang hingga 3,1 cm. 

Studi tambahan mencatat bahwa kiwi dapat membantu mengontrol gula darah, meningkatkan kolesterol, dan mendukung kesehatan usus. Semuanya adalah manfaat tambahan untuk penurunan berat badan. 

Kiwi juga termasuk buah yang memiliki GI rendah. Jadi meskipun kiwi mengandung gula, gula ini akan dilepaskan lebih lambat, sehingga menghasilkan lonjakan gula darah yang lebih kecil. 

Baca Juga: Covid-19 karena B.1.1.7 bertambah, makan 7 buah ini agar daya tahan tubuh meningkat

Selain itu, kiwi kaya akan serat makanan. Satu buah kecil yang dikupas (69 gram) memiliki lebih dari 2 gram serat, sedangkan kulitnya sendiri menyediakan 1 gram serat tambahan. Diet tinggi serat dari buah-buahan dan sayuran telah terbukti dapat menurunkan berat badan, meningkatkan rasa kenyang, dan meningkatkan kesehatan usus. 

5. Melon 

Melon rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi, yang membuatnya sangat ramah bagi penurunan berat badan. Satu cup (150-160 gram) melon, baik itu melon madu atau buah semangka, diketahui hanya memberikan 46-61 kalori. 

Meski rendah kalori, melon kaya serat, kalium, dan antioksidan, seperti vitamin C, beta-karoten, dan likopen. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air tinggi dapat membantu Anda menurunkan berat badan ekstra. 

Baca Juga: Konsumsi kolang-kaling tak cuma bulan puasa, 4 manfaat ini bisa diperoleh

Namun, buah semangka memang memiliki GI yang tinggi, jadi kontrol porsinya penting dilakukan. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru