kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Manfaat Daun Kumis Kucing yang Sudah Dibuktikan Sejak Dulu


Rabu, 12 April 2023 / 16:42 WIB
11 Manfaat Daun Kumis Kucing yang Sudah Dibuktikan Sejak Dulu
ILUSTRASI. Daun kumis kucing


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak sekali manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan tubuh. Tanaman dengan nama latin Orthosiphon aristatus ini sudah sejak lama digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Khasiat daun kumis kucing untuk penyembuhan beragam penyakit tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Sudah banyak penelitian yang membuktikan kegunaan daun kumis kucing.

Kumis kucing merupakan obat tradisional yang digunakan selama ribuan tahun di China dan India. Tanaman ini juga banyak ditemukan di negara-nagara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Manfaat 9 Buah dan Sayur Penurun Asam Urat Alami yang Mudah Didapat

Dalam dunia medis, daun kumis kucing juga kerap disebut sebagai teh Jawa. Ini lantaran keluarga lamiaceae ini banyak tumbuh di Pulau Jawa, bahkan tumbuh liar di pinggiran jalan dan pekarangan. 

Tanaman kumis kucing bisa tumbuh cepat yang tumbuh hingga ketinggian 1-2 meter secara liar tanpa perlu dibudidayakan. Ciri fisik paling mencoloknya adalah bunganya yang berwarna putih menjuntai yang mirip dengan kumis kucing.

Lantas, apa saja manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan? 

Baca Juga: Bagi Penderita Kolesterol Tinggi, 8 Air Rebusan Ini Bisa Bikin Kolesterol Rontok

Manfaat daun kumis kucing

Berikut ini sederet khasiat daun kumis kucing sebagaimana dilansir dari Health Benefit Times:

1. Membantu masalah pernapasan

Manfaat daun kumis kucing pertama adalah sebagai pengobatan gangguan pernapasan seperti asma dan batuk. Penggunaan daun kumis kucing untuk mengobati penyakit pernapasan pun sudah dilakukan sejak lama.  

Untuk digunakan sebagai ramuan herbal melawan masalah pernapasan, daun dari kumis kucing sering dicampur dengan ramuan lainnya yang bekerja dengan sangat baik melawan masalah pernapasan.

Baca Juga: 6 Obat Alami yang Bikin Asam Urat Tinggi Kandas, Tak Kumat Lagi

2. Tekanan darah tinggi

Manfaat daun kumis kucing juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tanaman ini mengandung senyawa anti-oksidan dan anti-inflamasi yang bisa dipakai untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

Selain itu, bahan kimia methylripariochromene yang ada dalam dalam khasiat daun kumis kucing dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada tikus di laboratorium.

Baca Juga: 9 Herbal yang Bisa Bikin Asam Urat Keok, Ada Apa Saja?

3. Mengobati masalah saraf

Manfaat daun kumis kucing selanjutnya adalah terkait pengobatan saraf. Namun satu-satunya hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan ramuan ini adalah dosisnya yang harus ditakar dengan cermat. 

Karena overdosis penggunaan daun kumis kucing mungkin memiliki beberapa efek berbahaya bagi tubuh kita. Jadi konsumsilah sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan atau dokter. 

Baca Juga: Menurunkan Asam Urat Tinggi, Ini Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

4. Anti jamur

Manfaat daun kumis kucing juga bisa sebagai pengobatan anti jamur. Kumis kucing mengandung senyawa yang membantu mencegah pertumbuhan parasit dalam tubuh. 

Senyawa dalam tanaman ini mematikan jamur dengan memotong rantai pasokan nutrisi jamur. Oleh karena itu kumis kucing dapat dioleskan pada daerah yang telah terinfeksi jamur.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Langsung Kabur dengan 8 Air Rebusan Ini, Apa Saja?

5. Melancarkan urin

Manfaat daun kumis kucing juga memiliki efek diuretik. Diuretik adalah suatu kondisi untuk membuang kelebihan cairan dan garam dalam tubuh melalui urine.

Diperkirakan sinensetin dan tetrametoksi-flavon yang ada dalam daun kumis kucing membantu meningkatkan aliran urin dengan mengendurkan otot-otot dinding pembuluh internal. 

Baca Juga: Ada Daun Sirih, Ini 8 Air Rebusan yang Bisa Bikin Kolesterol Tinggi Tak Berkutik

6. Menyembuhkan masalah kandung kemih

Manfaat daun kumis kucing juga bisa dijadikan sebagai obat permasalahan kandung kemih. Ini karena sifat kumis kucing untuk membersihkan saluran kencing dan memudahkan kerja sistem pada saluran tersebut. 

7. Gangguan ginjal

Manfaat daun kumis kucing juga populer untuk membantu mengobati penyakit ginjal. Obat yang terbuat dari daun kumis kucing diyakini ampuh menghilangkan batu ginjal hingga ukuran 5 cm. 

Baca Juga: 11 Bahan Alami Ini Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi

Manfaat daun kumis kucing ini juga telah diverifikasi dalam beberapa penelitian klinis. 

Ramuan ini digunakan untuk mengobati infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil, dan batu kandung kemih.

Baca Juga: 6 Cara Ini Bisa Hilangkan Rasa Nyeri Asam Urat dengan Cepat

8. Bertindak sebagai detox

Manfaat daun kumis kucing juga dikenal untuk membersihkan tubuh dari racun ataupun benda asing. Masyarakat Jawa sering mengonsumsi ramuan daun kumis kucing untuk detoksifikasi tubuh. 

Senyawa dalam khasiat daun kumis kucing bertindak sebagai pembersih alami dan karena itu membersihkan tubuh kita dari racun yang tidak diinginkan dan bahan asing.

Baca Juga: 11 Bahan Alami Ini Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi

9. Mengatur gula darah

Manfaat daun kumis kucing juga berfungsi sebagai obat untuk gula darah. Beberapa penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa kumis kucing secara efektif mengatur kadar glukosa dalam darah dan membantu mengendalikan diabetes. 

Namun, bagi penderita diabetes tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum beralih sepenuhnya ke konsumsi tanaman herbal ini.

Baca Juga: 6 Cara Ini Bisa Hilangkan Rasa Nyeri Asam Urat dengan Cepat

10. Penurunan berat badan

Manfaat daun kumis kucing juga bisa membantu menurunkan berat badan. Beberapa orang yang memilih diet, kerap menggunakan obat herbal dari daun kumis kucing yang umum dijual dalam bentuk tablet.

11. Mengobati dan menyembuhkan asam urat

Manfaat daun kumis kucing juga bisa membantu mengobati dan menyembuhkan asam urat. Daun kumis kucing memiliki enzim flavonoid yang mengurangi rasa sakit. Termasuk dalam mengobati radang sendi.

Itulah sederet manfaat daun kumis kucing yang sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×